alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lantik 191 Pejabat, Bupati Bandung Barat: Kadis Harus Punya Ide Baru

Adi Haryanto
Lantik 191 Pejabat, Bupati Bandung Barat: Kadis Harus Punya Ide Baru
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melantik 191 pejabat eselon II, III, dan IV Pemda KBB, Jumat (15/11/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna meminta kepala dinas memiliki inovasi, ide, gagasan baru, dan tidak monoton dalam bekerja memimpin kedinasan.

Sebab, kepala dinas adalah kepanjangan tangan bupati dan menjadi creator dalam mengimplementasikan program pemerintah agar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kepala dinas harus punya ide, punya program prioritas, jangan hanya bisanya mencacah anggaran," kata Umbara seusai melantik 191 pejabat eselon II, III, dan IV Pemda KBB di Aula Masjid As-Shiddiq, Kompleks Pemda KBB, Jumat (15/11/2019).



Umbara mengemukakan, pemilihan pejabat tinggi pratama khususnya eselon II adalah hak prerogatif Bupati. Oleh karena itu jika ada yang merasa tidak suka atau tidak puas, silakan sampaikan protes langsung.

Dia pun tidak mau memikirkan politis karena urusan itu sudah selesai. Tinggal bagaimana sisa tiga tahun 9 bulan masa jabatannya sebagai bupati diisi dengan pembangunan melalui Visi Aspiratif Kreatif Unggul, dan Religius (AKUR) dengan jargon Bandung Barat Lumpaaat.

Sebaliknya, ujar Umbara, mereka yang diberi amanah sebagai pejabat di lingkungan Pemda KBB harus bersyukur. Sebab tidak semua orang punya kesempatan itu.

Dari total 8.000 ASN hanya 600 yang berkesempatan menduduki jabatan eselon II, III, dan IV. Sehingga semestinya bagi yang tidak terpilih open bidding harus tetap bersyukur karena mereka masih mengisi jabatan yang sekarang.

"Mereka yang diberi jabatan harus bersyukur termasuk jabatan staf ahli juga bukan 'buangan' tapi sejajar dengan kepala dinas. Mereka akan diberdayakan dengan memiliki kantor perwakilan di Jakarta untuk mengkomunikasikan anggaran. Maka, semua harus semangat kerja, tapi kalau kinerja dinasnya, gitu-gitu aja, masih sama seperti tahun ini, maka jargon KBB Lumpaaat pasti tidak akan tercapai," ujar Bupati.

Sementara itu dari total 191 pejabat yang dilantik, terdiri atas 6 jabatan tinggi pratama setingkat esselon II, 45 jabatan administrator setingkat esselon III, dan 149 jabatan pengawas dan jabatan fungsional tertentu setingkat esselon IV.

Sedangkan jabatan UPTD Pendidikan resmi dihapus. Para mantan Kepala UPTD Pendidikan tetap diakomodir untuk menempati posisi lain yang kosong sesuai kualifikasi dan kemampuannya.

Pejabat eselon II yang dilantik adalah Avira Nurfasihah dari Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD). Eriska Hendrayana dari Kepala Bagian Perekonomian Setda KBB jadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A); Ricky Riyadi dari Kepala Bagian Rumah Tangga kini menduduki jabatan Kadisperindag.

Kemudian pejabat yang promosi adalah Asep Sehabudin menduduki jabatan Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik; Jarot Prasetyo Staff Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan; dan Siti Aminah Anshoriah Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara untuk jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) masih dalam proses pengajuan ke Kementerian Dalam Negeri.



(awd)