5 Mahasiswa Unjani Dapat Beasiswa dari Perusahaan Perkebunan

Kamis, 14 November 2019 - 15:18 WIB
5 Mahasiswa Unjani Dapat Beasiswa dari Perusahaan Perkebunan
Rektor Unjani Witjaksono bersama Direktur PT Indotruba Tengah Safwani saat memberikan beasiswa kepada lima mahasiswa Unjani di Gedung Fakultas Psikologi, Kampus Unjani Cimahi, Kamis (15/11/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Lima mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi angkatan 2016 dan 2017 mendapatkan beasiswa pendidikan dan peluang kerja di Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Indotruba Tengah.

Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang Perkebunan kelapa sawit tersebut menjamin biaya kuliah secara penuh, tunjangan biaya hidup, buku, pembuatan laporan akhir, serta biaya wisuda bagi mahasiswa S-1 yang terpilih program ini.

"Di sini (Unjani) memang tidak ada jurusan pertanian. Tapi kami juga membutuhkan tenaga-tenaga pendukung seperti lulusan teknik, akuntansi, kimia, dan tenaga medis. Makanya ini menjadi langkah awal dan pertama kalinya kami memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unjani," kata Direktur PT Indotruba Tengah Safwani saat penyerahan beasiswa yang disaksikan Rektor Unjani Witjaksono, dan Ketua Pengurus YKEP Adi Mulyono di Gedung Fakultas Psikologi, Kampus Unjani Cimahi, Kamis (15/11/2019).

Menurut Safwani, beasiswa ini merupakan komitmen Minamas Plantation dalam memberikan pendidikan berkualitas bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademis dan ketertarikan pada sektor perkebunan.

Minamas Plantation dan anak usahanya sudah 10 tahun memberikan bantuan beasiswa mahasiswa seperti di IPB, UGM, Unpad, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Lambung Mangkurat, dan lain-lain. Total 289 mahasiswa mendapatkan beasiswa dengan total Rp10 miliar.

Kriteria mahasiswa yang dipilih dan dapat menerima beasiswa tersebut, ujar dia, adalah mereka yang memiliki kesulitan finansial tapi punya nilai akademik baik. Serta mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK di atas rata-rata.

Program ini diharapkan menjadi media bagi mahasiswa untuk dapat maju dan memperoleh masa depanlebih baik. Karena ketika lulus, mereka akan menjalani job training sembilan bulan dan mendapatkan prioritas untuk bergabung dengan Minamas Plantation atau anak perusahaannya.

"Tentu kami mencari mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang perkebunan dan ingin mengembangkan karier di industri perkebunan. Saat ini dengan total 69 perkebunan dan 23 pabrik yang berlokasi di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, Minamas Plantation memiliki total tenaga kerja hampir 40.000 orang di Indonesia," ujar dia.

Head Corporate Communication Minamas Plantation Ingrid Clarissa Wisnu menuturkan, proses seleksi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini berjalan cukup panjang. Bahkan tesnya juga melibatkan tim divisi internal perusahaan supaya mendapatkan karakter mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan di perusahaan.

"Kami juga punya kriteria dan standarisasi dalam menilai calon penerima beasiswa. Mengingat nantinya ketika lulus dan bergabung dengan perusahaan mereka harus siap ditempatkan di perkebunan yang menjadi bagian dari grup perusahaan. Seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua Nugini, hingga Liberia," kata Ingrid.

Sementara itu, Rektor Unjani Witjaksono mengucapkan berterima kasih kepada Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Indotruba Tengah. Beasiswa ini adalah yang pertama dari perusahaan tersebut ke Unjani dan semoga terus berlanjut.

Momentum ini menjadi tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa agar sesuai dengan standar kebutuhan dunia kerja. Apalagi Unjani memiliki 8 fakultas dengan 23 prodi termasuk Fakultas Kedokteran yang tahun kemarin lulus 97% terbaik nasional.

"Kami ucapkan terima kasih dengan kepercayaan ini, sehingga menjadi tantangan untuk terus mengembangkan pendidikan soft skill, komunikasi, organisasi, fisik, dan kecintaan terhadap lingkungan, sesuai dengan lingkungan kerja," ungkap Witjaksono.

Mahasiswa Unjani yang mendapat beasiswa:
* Andela Suhemi Hermawati (Akuntansi 2016)
* Anisa Nurjanah (Teknik Kimia 2017)
* Ihsan Maulana (Teknik Mesin 2016)
* Andre Rizky Mandala Pamungkas Suherman (Akuntansi 2016)
* Elmia Cahya Pratinengsih (Teknik Sipil 2016)
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6957 seconds (0.1#10.140)