alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Pembalap Bakal Ramaikan Night Road Race di Pusat Kota Bandung

Arif Budianto
Ratusan Pembalap Bakal Ramaikan Night Road Race di Pusat Kota Bandung
Panitia, IMI, Super Soccer, Dankodiklat AD, dan pembalap saat menggelar preskon kesiapan Super Adventure Dankodiklatad Cup Night Road Race 2019. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Ratusan pembalap dari berbagai daerah dipastikan ikut ambil bagian pada event Super Adventure Dankodiklatad Cup Night Road Race 2019 di sekitar Kawasan Kodiklat AD, Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu (16/11/2019) malam.
Ratusan Pembalap Bakal Ramaikan Night Road Race di Pusat Kota Bandung
Event balapan ini berbeda dari biasa, karena digelar di jalan umum, di sekitar Kodiklat AD, Taman Maluku, dan Saparua. Lintasan sepanjang 920 meter dengan lebar 8 hingga 5 meter ini, akan menjadi tontonan menarik yang digelar di jalanan di Pusat Kota Bandung.

Promotor Montesz Sport Club (MSC) Indonesia Fariz Dwi Saputra mengatakan, Super Adventure Dankodiklatad Cup Night Road Race (SANRR) 2019 adalah balap motor bergengsi kerja bareng Montesz Indonesia dan Super Adventure. Event ini menjadi yang ke-10, sejak dimulai beberapa tahun lalu.

Gelaran balap yang mengombinasikan sport dan entertainment atau beken dengan istilah sportainment ini juga dihelat sekaligus memperingati Hari Pahlawan dengan tema "Aku Pahlawan Masa Kini". Event ini mendapat dukungan langsung dari Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat AD) Letjen TNI AM Putranto.



"Semua persiapan telah kami lakukan, hampir 90% selesai. Tinggal pelaksananya saja. Untuk mendukung jalannya balapan ini, kami telah menyiapkan lighting 80.000 watt," kata Fariz saat press conference di Cafe Ganesha, Jalan Katamso, Kota Bandung, Rabu (13/11/2019).

Menurut dia, balapan ini akan menjadi The Real Final SANRR 2019. Tentu akan tersaji pertarungan sengit antara racer motor yang berebut takhta juara umum SANRR musim balap 2019. Selain itu, sirkuit Jalan Aceh Bandung seputaran Makodiklatad memiliki nilai histori yang menjadi magnet tersendiri bagi para pembalap.

Pelaksanaan event sendiri tak lepas dari dukungan dan kerja sama banyak pihak, tentunya Dankodiklatal AD beserta jajaran Kodiklat, Kodam III Siliwangi, Kepolisian, IMI Jabar, instansi lainnya dan masyarakat khususnya di lingkungan sekitar sirkuit serta mitra terbaik kami Super Adventure.

Teknis rekayasa lalu lintas juga sudah disepakati dengan Satlantas Polrestabes Bandung. Untuk ruas Jalan Saparua sudah dimulai penutupan jalan sementara H-2 atau Kamis pukul 19.00 dan untuk akses dari dan menuju Jalan Ambon, Jalan Seram, dan Jalan Aceh akan dilakukan penutupan jalan sementara pada H-l atau Jumat pukul 19 00.

Perwakilan Super Adventure Tries Pondang mengatakan, untuk road race kali ini terdapat 18 kelas ditambah 1 kelas tambahan. Di antaranya Bebek 4 Tak 150cc TU Mix Open (MP1), Bebek 4 Tak 12500 TU Mix Pemula (MP4), Bebek 4 Tak 150cc Std Pemula (MPS), Bebek 2 Tak 1250c Std Pemula, Bebek 2 Tak 125cc Std Open, dan lainnya.

"Kami selalu konsisten mewadahi bagi mereka yang berani menjawab tantangan dan kreativitas. Kami dorong, karena Montez punya pemikiran dan kreativitas yang berani membuat balapan ini. Kami super adventure tinggal menambahkan bagaimana suguhan ini menjadi lebih menarik lagi, dari sisi entertainmentnya," jelas dia.

Gelaran ini, kata dia, akal menjadi tontonan balap yang istimewa yang akan menghibur warga Kota Bandung. Pasalnya, selain memanjakan adrenalin penonton dengan menghadirkan persaingan sengit para pembalap, juga bakal ada sajian hiburan mulai dari show band yang akan menampilkan Scimmiaska dan Raden band, jire dance, foodtruck, dan berbagai macam hiburan menarik lainnya.

Pihaknya sangat mendukung terhadap perkembangan dan kemajuan dunia olahraga khususnya otomotif. Hal ini dibuktikan sudah beberapa tahun dengan konsisten mensupport event event otomotif termasuk Kejurda Balap Motor IMI Jabar.

Bahkan, untuk memberikan motivasi dan edukasi para racer pihaknya bekerjasama dengan Montesz membuat program Super Adventure Night Road race Goes To MotoGP Sepang. Nantinya, racer racer berprestasi dan komunitas pilihan dikirim ke MotoGP Sepang untuk menyaksikan langsung kejuaraan dunia MotoGP di Sepang Malaysia.
Ratusan Pembalap Bakal Ramaikan Night Road Race di Pusat Kota Bandung
Letjen AM Putranto mengatakan, pihaknya mendukung acara ini karena salah satu sarana olahraga pencinta balap. Pada olahraga ini tertanam jiwa sportivitas. Melalui event ini dia berharap para pembalap bisa bersatu.

"Bagaimana ini bisa meningkatkan prestasi bagi pembalap di Jawa Barat. Siapa pun juaranya bisa menerima, menjadi penyemangat baru bagi pembalap baru, dan reuni bagi senior. Menang kalah itu biasa," tegas dia.

Pihaknya memastikan event ini digelar dengan memenuhi standar keamanan internasional, baik bagi pembalap atau penonton. "Saya yakinkan, semua telah mengikuti prosedur yang ada. Saya berharap, acara bisa secure, kami siap memfasilitasi dan mendukung acara ini sepenuhnya," imbuh dia.

Ketua Harian IMI Jabar Frans Tanujaya mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Kodiklat AD atas venue yang diberikan. Sehingga pembalap bisa merasakan balap di jalanan. Karena memang dulu Bandung terkenal balap jalanan.

"Harapan event ini menjadi gelaran menarik, tontonan bagi masyarakat. Para atlet bisa memanfaatkan untuk penjenjangan prestasi mereka. Termasuk batu loncatan ke event yang lebih besar," kata dia.

Karena, kata dia, prestasi dan variasi pembalap jabar sangat banyak. Tinggal bagaimana mengarahkannya untuk penjenjangan mereka. Di Jabar juga ada sirkuit yakni di Tasikmalaya, Subang, Sentul yang tidak ada di daerah lainnya.

Salah seorang pembalap Ari Oktan mengaku telah menyiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti kompetisi ini. Dia mengaku selalu mengikuti kompetisi road race super adventure setiap tahunnya.



(zik)