Heboh, 10 Makam di TPU Pakemitan Dibongkar Orang Tak Dikenal

Rabu, 13 November 2019 - 16:12 WIB
Heboh, 10 Makam di TPU Pakemitan Dibongkar Orang Tak Dikenal
Kondisi makam di TPU yang dibongkar orang tak dikenal. Foto/iNews.id/Asep Juhariyono
A A A
TASIKMALAYA - Warga Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), gempar dengan dugaan pembongkaran makam di TPU Pakemitan, Selasa (12/11/2019). Warga bersama anggota TNI dan polisi pun terpaksa ronda malam untuk menjaga areal kuburan tersebut.

Warga sekitar lokasi TPU, Dodo mengatakan, kejadian ini sudah dua kali terulang. Pertama kali pada Jumat pekan lalu sebanyak 25 makam dibongkar, dan terjadi lagi malam tadi.

"Totalnya ada 10 makam yang dibongkar," kata Dodo di TPU Pakemitan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Pembongkaran 10 makam ini diketahui warga yang bermaksud pergi ke kebun. Saat melintasi kuburan tersebut, warga mendapati ada sebuah makam yang tanahnya acak-acakan, seperti baru digali.

Warga akhirnya melaporkan kejadian ini kepada aparat desa setempat. Kemudian diteruskan ke petugas kepolisian dan TNI. Mereka pun mendatangi lokasi untuk memastikan tersebut. "Kalau kata orang yang sempat melihat, di sana sempat ada anjing. Tapi kan itu gosip yang beredar," ujar dia.

Menurut dia, pembongkaran makam oleh orang tidak dikenal dilakukan pada dini hari saat warga yang bertugas ronda pulang ke rumah masing-masing. Warga pun resah, karena khawatir makam keluarga mereka jadi korban pembongkaran oknum tersebut.

Mereka juga tidak paham motif pelaku membongkar makam-makam ini. Hingga saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan polisi. Masyarakat di sekitar TPU pun sepakat mengadakan ronda bergilir untuk mengantisipasi aksi serupa ke depannya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0159 seconds (0.1#10.140)