alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tren Positif Persib Bandung Berawal di Gianyar

Dzikry Subhanie
Tren Positif Persib Bandung Berawal di Gianyar
Suporter Persib Bandung. Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA - Persib Bandung tak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir di Shopee Liga 1 2019. Menariknya, tren positif itu berawal saat harus menjalani laga kandang di Gianyar, Bali.

Kondisi keamanan menjadi penyebab Persib Bandung tak bisa menjamu Persebaya Surabaya di Bandung pada 18 Oktober 2019 atau dua hari sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Memilih bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Persib dibayangi rekor buruk kalah dari Persebaya pada musim lalu. Kala itu, Persib yang dilatih Mario Gomez dikalahkan Persebaya dengan skor telak 1-4.



Namun, fakta berkata lain. Persib yang saat itu ada di urutan 11 dengan 24 poin dari 21 laga, sukses membungkam Persebaya dengan skor 4-1. Keempat gol Maung Bandung kala itu dicetak Febri Hariyadi pada menit 31', Achmad Jufriyanto (40'), Kevin van Kippersluis (60'), dan Febri Hariyadi (84).

Lima hari kemudian, Persib Bandung bertandang ke Jakarta, tepatnya Stadion PTIK, Jakarta Selatan. Satu angka diraih tim asuhan Robert Alberts ini setelah bermain imbang tanpa gol dengan tuan rumah Bhayangkara FC.

Raihan satu poin kala menghadapi juara Liga 1 2017 itu melecut semangat Supardi Nasir dan kawan-kawan. Saat menjamu juara Liga 1 2018 Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 28 Oktober 2019, Persib menang 2-0. Frets Listanto Butuan dan Ezechiel N'Douassel sukses menjadi pencetak gol dalam El Clasico Indonesia tersebut.

Raihan tujuh poin di tiga laga terdahulu membuat Persib makin percaya diri. 1 November 2019, kala dijamu Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Persib menang dua gol tanpa balas. Dua legiun asing, Kevin van Kippersluis dan Ezechiel N'Douassel mencatatnya namanya di papan skor.

Setelah meraih 10 poin dalam empat laga di luar kandang, Pangeran Biru kembali ke markas, tepatnya Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. PSIS Semarang yang dijamu Persib pada 6 November 2019 dibuat tak berdaya. Persib menang 2-1 lewat gol Ezechiel N'Douassel dan Febri Hariyadi. Satu gol PSIS dicetak Bruno Silva.

Terakhir, Persib Bandung mengukir kisah manis dengan melakukan revans atas Arema FC. Kalah 1-5 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada putaran pertama lalu, sukses dibalas di Si Jalak Harupat, 12 November 2019. (Baca juga: Persib Bandung Bungkam Arema FC Tiga Gol Tanpa Balas).

Dalam laga sarat gengsi yang ditonton langsung 26.098 pasang mata tersebut, Persib menang 3-0 melalui gol Kim Jeffrey Kurniawan, Omid David Nazari, dan Frets Listanto Butuan.

Tambahan tiga poin itu membuat Persib total mengoleksi 16 poin dalam enam laga terakhir. Sebuah pencapaian fantastis. Persib pun meroket ke peringkat 6 klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan koleksi 40 poin dari 27 laga, sekaligus meramaikan persaingan di papan atas.



(zik)