Disparbud Jabar Bakal Kembangkan Wisata MICE di Lima Wilayah Ini

Rabu, 13 November 2019 - 10:55 WIB
Disparbud Jabar Bakal Kembangkan Wisata MICE di Lima Wilayah Ini
Kebun Raya Bogor. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat bakal mengembangkan wisata Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) di lima wilayah di Jabar. Kelima wilayah yang bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata MICE tersebut, yakni Bogor-Sukabumi, Bekasi-Karawang, Bandung, Pangandaran, dan Cirebon.

Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan, pihaknya kini tengah fokus menyusun rencana strategis dalam pengembangan kelima wilayah tersebut.
Kelima wilayah tersebut dipilih karena dinilai memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap.

"Rencananya, wilayah-wilayah tersebut dipilih karena adanya akses dan atraksi, seperti di Sukabumi ada Palabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh. Jadi, wisatawan bisa lebih lama menetapnya," ujar Dedi saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (13/11/2019).

Menurut Dedi, saat ini Jabar menempati posisi ketiga tujuan wisatawan MICE setelah Jakarta dan Yogyakarta. Dia berharap, ke depan, Jabar menjadi lokasi favorit wisatawan MICE. "Potensi Jawa Barat ini harus terus dikembangkan agar menjadi destinasi wisata MICE favorit di Indonesia, bahkan internasional," ujarnya.

Dedi melanjutkan, pengembangan wisata MICE di lima wilayah tersebut akan difokuskan pada penguatan kelembagaan, peningkatan mobilitas, infrastruktur, sumber daya manusia dan teknologi, penguatan riset dan citra destinasi, serta menjaga kearifan lokal.

Terpisah, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Herman Muchtar mengatakan, wisata MICE tidak boleh disepelekan. Pasalnya, kata Herman, MICE merupakan jenis wisata yang menguntungkan karena wisatawannya cenderung tinggal lebih lama dan menghabiskan uang lebih banyak. "Wisatawan MICE bisa spending tiga kali lipat daripada wisatawan leisure," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9418 seconds (0.1#10.140)