alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapolri Naikkan Tipe Dua Polres di Jawa Barat Jadi Polresta

Agus Warsudi
Kapolri Naikkan Tipe Dua Polres di Jawa Barat Jadi Polresta
Rapat persiapan perubahan tipologi Polres Bandung dan Cirebon menjadi Polres Kota Bandung dan Polres Kota Cirebon di Ruang Rapat Command Center Polda Jabar pada Selasa (12/11/2019). Foto/Humas Polda Jabar

BANDUNG - Dua kepolisian resor (polres) di Jawa Barat (Jabar) naik tipe menjadi polres kota (polresta). Peningkatan tipe itu tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor Kep/1889/X/2019 tanggal 2 Oktober 2019.

"Surat itu berisi tentang perubahan tipe kepolisian Polres Cirebon dan Polres Bandung jadi polresta. Dalam hal ini, Polres Kota Cirebon dan Polres Kota Bandung," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Bandung, Selasa (12/11).

Perubahan tipe polres tersebut, ujar Truno, otomatis terjadi peningkatan pangkat pimpinan di dua polresta tersebut. Semula, kedua polres dipimpin oleh polisi berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP.



"Dengan polresta, kapolres jadi Komisaris Beras Polisi atau Kombes Pol. Para kepala satuan reskrim pun naik dari komisaris polisi atau kompol menjadi AKBP," ujar Truno.

Kabid Humas menuturkan, perubahan status itu sebelumnya diusulkan Polda Jabar ke Mabes Polri karena melihat dinamika keamanan, luas wilayah, dan jumlah penduduk. Kemudian, usulan itu dibahas di perencanaan Mabes Polri.

"Latar belakangnya berdasarkan kajian dari Polda didasari hakikat ancaman, karakteristik wilayah, dan jumlah penduduk. Intinya untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat," tutur Kabid HUmas.

Keputusan itu sudah diberlakukan dan tinggal menunggu diresmikan. Sebagai persiapan, digelar rapat persiapan perubahan tipologi Polres Bandung dan Cirebon menjadi Polres Kota Bandung dan Polres Kota Cirebon di Ruang Rapat Command Center Polda Jabar pada Selasa (12/11/2019).

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Biro Perencanaan (Karorena) Polda Jabar Kombes Pol Raden Lucky Sulaksana diikuti Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Kombes Pol Bariza Sulfi, dan beberapa pejabat lainnya. "Tinggal nanti mencari perwira yang mengisi jabatan (Kapolresta Cirebon dan Kapolresta Bandung)," ungkap dia.

Menurut Truno, apa perbedaan Polrestabes Bandung yang dipimpin perwira Kombes dan para kasatnya dipimpin AKBP dengan Polresta Cirebon dan Polresta Bandung adalah eselon. "Polrestabes Bandung itu IIB 1 karena ibu kota provinsi. Sedangkan polresta IIB 3," pungkas Truno.



(awd)