alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wali Kota Depok Jadi Anggota Kehormatan PPS Betako Merpati Putih

SM Said
Wali Kota Depok Jadi Anggota Kehormatan PPS Betako Merpati Putih
Wali Kota Depok Mohammad Idris diangkat menjadi anggota kehormatan Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih. Foto MP Kota Depok

DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris diangkat menjadi anggota kehormatan Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih. Pengangkatan Wali Kota Depok Mohammad Idris dilaksanakan di Lapangan Balai Kota Depok, Minggu (11/10/2019). Selain Wali Kota, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna dan Kepala Badan Keuangan Daerah Depok juga diangkat menjadi anggota kehormatan Merpati Putih.
Wali Kota Depok Jadi Anggota Kehormatan PPS Betako Merpati Putih
Acara ini dihadiri Komandan Distrik Militer 0508/Depok  Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj; Pewaris PPS Betako Merpati Putih Mas Amos Tri Nugroho; Ketua PPS Betako Merpati Putih Pengda Jawa Barat Yuwono Darpito; Pembina PPS Betako Merpati Putih Pengda Jawa Barat Abdul Haris yang juga Anggota DPR MPR RI .

Pewaris PPS Betako Merpati Putih Mas Amos Tri Nugroho mengatakan, hari ini bersamaan dengan Hari Pahlawan pada 10 November sebagai Bangsa yang besar harus mengenang dan menghormati perjuangan pahlawan karena perjuangannyalah bangsa ini bisa merdeka dan menghirup udara kebebasan.
Wali Kota Depok Jadi Anggota Kehormatan PPS Betako Merpati Putih
"Kembali kita menengok perjuangan pahlawan kita baik sebelum revolusi fisik dan saat merebut kemerdekaan RI, tak lepas dari perjuangan para pendekar silat yang rela mengorbankan nyawa untuk Negara tercinta," kata Amos.
 
Amos menjelaskan sejarah singkat  PPS Betako adalah beladiri asli budaya bangsa Indonesia yang berasal dari Keraton Mataram di Kartosuro, kemudian diturunkan oleh Sang Guru Saring Hadi Purnomo kepada kedua putranya, yaitu Poerwoto Hadi Purnomo dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Alm) dan secara resmi berdiri pada 2 April 1963 di Yogyakarta.

Sementara Ketua PPS Betako Merpati Putih Pengda Jawa Barat Yuwono Darpito menjelaskan, arti Merpati Putih yaitu Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising  Hening  yang artinya (Mencari sampai mendapatkan tindakan yang benar dengan ketenangan).



"Kami sangat senang dan bangga bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok, khususnya Bapak Wali Kota Depok beserta jajarannya yang peduli dengan budaya bangsa khusunya pencak silat Merpati Putih sebagai aset bangsa yang perlu dilestarikan di lingkungan Balaikota Depok.  Semoga sinergi ini bisa berjalan dengan baik sehingga akan lahir bibit baru dari Pencak silat khususnya merpati putih di Kota Depok dan juga turut menyehatkan untuk karyawan Balaikota depok,” jelas Mas Yuwono.

Hal senada disampaikan Ketua PPS Betako Merpati Putih Cabang Kota Depok Andri bahwa hari ini adalah hari bersejarah bagi kami Keluarga Besar Merpati Putih khususnya Cabang Depok dan  mengatakan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Wali Kota Depok dan semua jajaran yang telah menjadi keluarga Besar PPS Betako Merpati Putih.

"Semoga kita semua dapat bekerjasama untuk melestarikan Budaya Bangsa khususnya Pencak silat sehingga lahir bibit atlet yang bisa berprestasi  mengharumkan nama kota Depok," tandasnya.



(sms)