alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PJT II Kampanyekan Kebersihan dan Air untuk Negeri

Asep Supiandi
PJT II Kampanyekan Kebersihan dan Air untuk Negeri
Jajaran direksi PJT II Jatiluhur bersama unsur Muspida Purwakarta dan pimpinan BUMN di Purwakarta pada kampanye menjaga lingkungan dan air untuk negeri melalui The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk di kawasan Waduk Jatiluhur. Foto/Humas PJT II Jatilu

PURWAKARTA - Perum Jasa Tirta II (PJT II) Jatiluhur kampanyekan kebersihan lingkungan dan air bagi kehidupan melalui The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk di kawasan Waduk Jatiluhur, Minggu (10/11/2019). Sebanyak 2.000 peserta pun menjadi sasaran dalam kampanye tersebut.

"Gelaran The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk 2019 yang pertama ini mengajak masyarakat untuk menjadi Pahlawan masa kini dengan menjaga kebersihan lingkungan. Mari kita lindungi hutan, tanami pohon, jaga lingkungan dan air. Dengan itulah Indonesia akan punya masa depan, karena tanpa air tak ada sumber kehidupan," kata Direktur Utama Jasa Tirta II U Saefudin Noer.

Sepanjang tahun 2019, terang dia, PJT II telah melaksanakan program konservasi dan optimalisasi pengelolaan air dengan pembersihan sumber air mulai dari Situ Cisanti, pembersihan waduk, bendung dan saluran sepanjang Sungai Citarum, dan antisipasi kekeringan melalui proses pengaturan air untuk pertanian, industri, dan air minum.



"Dengan kerja keras Jasa Tirta II dalam kegiatan OP, kondisi Waduk Jatiluhur yang bersih bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan event-event wisata seperti The 1st Jatiluhur Stand Up Paddle & Kayak Exhibition, hari ini The 1st Jatiluhur Heroes 5k Fun Run & Walk, dan nanti tanggal 30 November dan 1 Desember kita akan gelar The 1st Jatiluhur Jazz Festival," kata Saefudin Noer.

Tak hanya itu, untuk mendongkrak pariwisata di Jatiluhur, Jasa Tirta II juga mengembangkan zonasi destinasi eco-tourism, wisata air, renovasi hotel, bungalow dan resto dan penataan umkm di sekitar waduk.

Kegiatan-kegiatan itu juga merupakan bagian dari BUMN Hadir untuk Negeri dalam pembinaan usaha mikro kecil menengah/umkm dan ekonomi kreatif di kawasan Jatiluhur dan wilayah sungai yg dikelola PJT II.

Menurutnya, selama  52 tahun terakhir PJT II telah melakukan sejumlah hal di antaranya pengelolaan air. Diketahyi, air Waduk Ir H Djuanda digunakan untuk mengairi kawasan pertanian di Jawa Barat seluas lebih dari 240.000 hektare yang merupakan salah satu lumbung padi nasional. Dengan hasil panen rata-rata 5,5 ton per hektare dalam dua musim tanam dengan asumsi rata-rata produksi padi 3,1 juta ton per tahun.

Sehingga, terang dia, PJT II telah memberikan sumbangsih untuk ketahanan pangan mencapai triliunan rupiah per tahun. PJT II juga melaksanakan tugas strategis untuk memenuhi kebutuhan 80% air baku DKI Jakarta sebagai Ibu Kota negara dan air baku untuk kawasan Bekasi, Karawang, Subang, dan Purwakarta tercukupi 100%.



(zik)