Profil Rektor ITB 2020-2025 Prof Reini Wirahadikusumah

Minggu, 10 November 2019 - 18:51 WIB
Profil Rektor ITB 2020-2025 Prof Reini Wirahadikusumah
Rektor ITB terpilih Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D. Foto/Dok.Humas ITB
A A A
BANDUNG - Prof Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D. menjadi perempuan pertama yang bakal menjadi rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) 2020-2025. Reini menjadi rektor setelah melalui proses penjaringan rektor ITB yang dimulai September 2019.

Reini terpilih sebagai rektor oleh sidang Majelis Wali Amanat ITB yang di dalamnya terdapat Mendikbud dan Dikti Nadiem Anwar Makarim. Pemilihan rektor dimulai dari proses penjaringan sebanyak 34 pendaftar, kemudian diseleksi menjadi 10 calon, dan dikerucutkan lagi menjadi tiga calon rektor.

Reini saat ini adalah guru besar pada Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.

Reini dibesarkan oleh keilmuan teknik sipil hingga mendapatkan gelar doktoral. Dimulai pada 1986-1991, Reini kuliah di Institut Teknologi Bandung lulus sebagai Sarjana Teknik Sipil, Rekayasa Struktur dun Geoteknik, lulus dengan Predlkat Cum Laude.

Pendidikan strata 2 ditempuh pada 1995-1996 di Purdue University, USA, pada bidang Master of Science in Civil Engineering, Major Area: Construction Engineering and Management. Kemudian gelar Ph.D diraih di kampus bidang keahlian yang sama pada 1996-1999.

Semasa kariernya, Reini memfokuskan diri pada bidang keahlian teknik sipil. Hal itu bisa dilihat melalui pengalaman kerja selama ini, seperti ketua Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Kunstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lengkungan ITB; Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknik Sipil, Fakulus Teknik Sipil dan Lingkungan ITB, asisten Permanent Delegation Office of the Republic of lndonesia to UNESCO; kepala.Laboratorium Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, FTSL ITB, PT. Wuracman & Associates, Jakarta, Structure Engineer.

Reini juga banyak berkiprah pada bidang konstruksi seperti Anggota Komite Litbang Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN); Sekretaris Bidang Konstruksi dan Perekayasaan pada Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII); tim penilai International Federation of Asian and Western Pacific Contractors Association (IFAWPC), Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI); Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN).

Reini juga pernah mendapatkan Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Pemerintah RI pada 2016. Kemudian, penghargaan Endeavour Awards, Australia Awards Indonesia, Visiting Research at Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia pada 2011; serta Satyalancana Karya Satya X dari Pemerintah RI pada 2008.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2603 seconds (0.1#10.140)