LPM Didorong Akselerasi Peran Wujudkan Visi Jabar Juara

Jum'at, 08 November 2019 - 18:46 WIB
LPM Didorong Akselerasi Peran Wujudkan Visi Jabar Juara
Kepala DPM-Desa Jabar Dedi Supandi. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Jawa Barat bertekad membangun sinergitas dalam perencanaan pembangunan.

Tekad tersebut mengemuka dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPM Provinsi Jabar yang digelar di Kabupaten Subang, Kamis 7 November 2019 kemarin. Rakerda dihadiri perwakilan LPM se-Jabar dengan unsur Ketua, Sekretaris, dan Bendahara sebanyak 108 orang.

Kepala DPM-Desa Jabar Dedi Supandi mengatakan, sinergitas tersebut penting dibangun untuk mengakselerasi peran LPM sebagai mitra dalam perencanaan pembangunan.

"LPM yang ada di desa atau kelurahan harus diberdayakan dan dimanfaatkan sebagai mitra kerja pemerintah dalam perencanaan dan pembangunan," tegas Dedi di Bandung, Jumat (8/11/2019).

Dedi yang juga hadir dalam Rakerda LPM Provinsi Jabar itu menjelaskan, akselerasi peran LPM dalam perencanaan pembangunan dapat diwujudkan dengan memberdayakan seluruh tenaga LPM di Jabar.

Optimalisasi seluruh tenaga LPM tersebut bertujuan untuk menghadirkan langkah-langkah terobosan guna mendukung program pembangunan unggulan demi terwujudnya visi Jabar Juara.

"Akselerasi tersebut akan tercipta dengan menyinergikan segala upaya dan tujuan pembangunan di Jabar," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Jabar Tatang Suratis mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan oleh LPM adalah memasuki ranah perundang-undangan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

"Hal ini dapat dimulai dengan perencanaan penyusunan peraturan daerah atau peraturan gubernur terkait peran dan fungsi LPM yang harus diberdayakan kembali oleh pemerintah dan dilibatkan dalam pemberdayaan dan pembangunan," jelas Tatang.

Tatang optimistis, dengan adanya peluang dalam perencanaan pembangunan tersebut, LPM dapat memetakan arah pembangunan di Jabar ke depan.

"Saya juga berharap para LPM memberikan masukan terkait konsep pembangunan dan hal apa saja yang akan digarap oleh LPM di Jabar," katanya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7708 seconds (0.1#10.140)