IZI Luncurkan Program Smart Farm ke-3 di Kabupaten Bogor

Kamis, 07 November 2019 - 21:00 WIB
IZI Luncurkan Program Smart Farm ke-3 di Kabupaten Bogor
Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana bersalaman dengan peserta Program Smart Farm di Bogor. Foto/Dokumentasi IZI
A A A
BOGOR - Setelah sukses di Kabupaten Tangerang, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) kembali meluncurkan Program Smart Farm di Kampung Cibogo, Desa Cilaku, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, pada Rabu (6/11/19).

Peresmian Program Smart Farm ini merupakan peresmian ke-3 kali setelah sebelumnya dilaksanakan di Desa Gempol Sari, Kecamatan Sepatan Timur, dan Desa Tapos, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Sebanyak 40 orang menjadi penerima manfaat program ini. Semuanya merupakan warga Kecamatan Tenjo dari beberapa desa. Selain petani yang telah berpengalaman, Program ini juga melibatkan anak-anak muda yang memang menjadi fokus pengembangan Smart Farm.

Turut hadir, Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana, General Manager Pendayagunaan IZI Haryono, Camat Tenjo Asnan, Pjs Kepala Desa Cilaku Syamsudin, Kepala UPT Pertanian Wilayah Parung Panjang (Penyuluh THL-TBPP-PPS wilayah Parung Panjang-Tenjo Ridwan, Kepala UPTLK Lahan Kering Yayat, dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor.

Nana Sudiana mengatakan, banyak tempat yang sedang dipersiapakan untuk pengembangan Program Smart Farm. “Memang ini yang ketiga. Sesungguhnya akan banyak tempat yang dipersiapkan. Kami juga akan garap di Palu, tempat di mana terjadinya tsunami tahun lalu,” kata Nana.

Dia mengemukakan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerja sama IZI dengan JNE. “Harapannya, program ini dapat mendorong para petani hidup sejahtera. Untuk itu, mohon doanya agar IZI dan JNE diberikan keberkahan dan banyak lagi masyarakat yang terbantu,” ujar dia.

Sementara itu, penyuluh pertanian wilayah Parung Panjang–Tenjo Ridwan mengatakan, merasa bangga dan sangat menyambut baik Program Smart Farm dari IZI.

“Mudah-mudahan dengan adanya kelompok tani ini kami berhasil menuju peningkatan kesejahteraan seperti yang sama-sama kita harapkan”, ujar Ridwan.

Sementara itu, Camat Tenjo Asnan mengapresiasi Program Smart Farm. “Tentunya ini adalah kesempatan yang harus dimaksimalkan oleh para peserta. Karena, belum tentu yang lain dapat kesempatan sama. Semoga ilmu yang didapatkan oleh peserta nanti bisa dimanfaatkan dan dikembangkan,” tutur Asnan.

Koordinator Program Ekonomi IZI Mohamad Yunus mengatakan, Kampung Cibogo, Desa Cilaku, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor dipilih sebagai lokasi pengembangan program Smart Farm ini, karena pertama, memenuhi syarat dari sisi ketersedian sarana dan prasarana pengairan, yang merupakan aspek penting dalam program pertanian Smart Farm.

"Setelah disurvei beberapa lokasi, Kecamatan Tenjo salah satu daerah yang memenuhi syarat. Pertama dari sisi pengairan. Kedua, trainer berada di tengah-tengah masyarakat. Ketiga, masyarakat Tenjo mayoritas bercocok tanam, selain bekerja di pabrik,” kata Yunus.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2028 seconds (0.1#10.140)