Nadiem Makarim Kaji Sistem Zonasi dan Ujian Nasional

Kamis, 07 November 2019 - 09:55 WIB
Nadiem Makarim Kaji Sistem Zonasi dan Ujian Nasional
Mendikbud dan Dikti Nadiem Anwar Makarim. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Sistem zonasi atau pemetaan dalam bidang pendidikan yang beberapa waktu lalu menimbulkan polemik dan kegaduhan menjadi pekerjaan rumah bagi Mendikbud dan Dikti Nadiem Anwar Makarim. Nadiem mengatakan saat ini sedang mengkajinya dengan tim.

"Itu sedang saya kaji beserta tim. Kita sedang melihat feedback dari orang tua, guru. Masih kami compile. Jadi mohon tunggu dulu karena hal seperti ini yang implikasinya banyak untuk daerah itu harus kami kaji. Dan akan kami finalize," katanya kepada KORAN SINDO di Jakarta, Rabu (6/11/2019)

Seperti diketahui, Kemendikbud menerapkan sistem zonasi dalam pendaftaran peserta didik baru (PPDB) yang diatur berdasarkan Permendikbud No 20/2019. Hal tersebut memunculkan desakan beberapa kalangan, salah satunya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah segera menerbitkan perpres tentang zonasi pendidikan agar sistem zonasi tidak bermasalah lagi.

Tak hanya sistem zonasi, Nadiem Makarim juga tengah mengkaji tentang sistem dan proses Ujian Nasional. "Sama seperti zonasi, sedang kami kaji. Terutama pendapat para guru dan orang tua mengenai UN, sedang kami kaji," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8825 seconds (0.1#10.140)