alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Waserba Nura Diluncurkan untuk Kembangkan Ekonomi Umat

Arif Budianto
Waserba Nura Diluncurkan untuk Kembangkan Ekonomi Umat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mencoba motor listrik Nura. Motor listrik ini akan dipakai pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid. Foto/Dok/PT Arindo Pratama

BANDUNG - PT Arindo Pratama baru-baru ini meluncurkan aplikasi multiplatform Waserba Nura, sebagai langkah pengembangan ekonomi umat berbasis masjid. Aplikasi ini mulai dikembangkan di Jawa Barat sebagai pilot project.

Business Partner PT Arindo Pratama Erman Sumirat mengatakan, aplikasi Waserba Nura merupakan jawaban atas upaya bersama menggerakkan ekonomi umat. Aplikasi ini memberi kesempatan kepada pengurus masjid untuk menggerakkan ekonomi masjid dan lingkungannya.

Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan melalui aplikasi Waserba Nura adalah layanan ojek online mengunakan motor listrik, penjualan sembako, layanan multipayment, dan jasa lainnya yang saat ini masih terus dikembangkan. Masjid yang telah bekerja sama nantinya menjadi titik kumpul stok sembako serta motor listrik untuk wilayah tertentu.



"Motor listrik kami sediakan, begitu pun sembako. Jadi mereka tinggal mengoperasikan motor listrik serta melakukan melakukan pengantaran sembako, untuk pemesanan di kawasan tersebut," kata Erman kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).

Menurut dia, nantinya ada bagi hasil keuntungan antara pihak masjid dan penyedia aplikasi, dalam hal ini PT Arindo Pratama. Dengan begitu, masjid akan memiliki pemasukan untuk kesejahteraan masjid dan mayarakat sekitar, termasuk menciptakan lapangan kerja bagi driver ojek motor listrik dan pengelola waserba.

Menurut dia, program pemberdayaan umat ini telah di-launching oleh Gubernur Jawa Barat beberapa waktu lalu. Untuk tahap awal, pihaknya menjalin kerja sama dengan Nahdlatul Ulama (NU) dengan meminjamkan 15 unit motor listrik Nura kepada 15 pengurus masjid di Jawa Barat.

"Tahap awal kami kerja sama dengan 15 pengurus masjid. Itu ada di wilayah Pantura (Cirebon) dan Bandung raya. Artinya, aplikasi Waserba Nura baru menjangkau kawasan itu," beber dia.

Pihaknya, kata Erman akan terus memperluas jaringan dengan membuka kerja sama dengan pengurus masjid lainnya di Jawa Barat. Pengurus masjid yang ingin mengikuti program ini akan menjalani proses penilaian. Bila telah memenuhi syarat, akan dipinjamkan motor listrik untuk ojek online dan distribusi sembako.

Dia optimistis, program ini mendapat respons positif dari pengurus masjid yang ingin melakukan pengembangan ekonomi umat. Apalagi, semua fasilitas modal, nantinya telah disiapkan oleh PT Arindo Pratama.



(zik)