alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

21 Pejabat Lolos Open Bidding Jabatan Kadis dan Staf Ahli di Pemda KBB

Adi Haryanto
21 Pejabat Lolos Open Bidding Jabatan Kadis dan Staf Ahli di Pemda KBB
Sekda KBB Asep Sodikin. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Proses open bidding atau lelang jabatan pimpinan tinggi pratama 2019 di lingkungan Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah selesai dilaksanaan. Sebanyak 21 pejabat lolos seleksi tersebut.

Seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan empat kepala dinas dan tiga staf ahli tersebut, masing-masing telah mengerucut kepada tiga nama yang diserahkan ke bupati.

"Prosesnya sudah selesai, di masing masing jabatan ada tiga nama. Nantinya bupati dengan hak prerogatifnya yang akan memilih sebagai user," kata Sekretaris Daerah (Sekda) KBB Asep Sodikin di Ngamprah, Selasa (5/11/2019).



Asep mengemukakan, proses open bidding jabatan eselon II ini telah dilakukan sesuai dengan mekanisme. Pihaknya juga sudah menyerahkan berkas hasil seleksi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui aplikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti).

Data itu dikirimkan secara online yang mencakup dokumen seleksi dan laporan hasil seleksi, serta dokumentasi database pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT).

Dia menargetkan proses di KASN tersebut bisa selesai pekan ini, sehingga proses pelantikan pengisian jabatan eselon II yang kosong bisa segera dilakukan.

Terkait siapa yang akan dipilih semua itu menjadi kewenangan dan ketetapan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Panitia seleksi hanya melakukan rekrutmen pejabat sesuai kriteria kebutuhan dan kepangkatan.

Selain itu, ujar dia, ke depan akan ada juga perubahan nomenklatur di Setda yang ada penyesuaian. Seperti penggabungan bagian perlengkapan dengan bagian rumah tangga, humas dilebur dimana ada yang ke TU Pimpinan dan Kominfo, serta bagian Korpri dihilangkan.

Hal tersebut sebagai upaya efesiensi dan efektivitas pekerjaan serta menyesuaikan dengan arahan pemerintah pusat sehingga nomenklaturnya menjadi seragam secara nasional.

"Penyesuaian itu efektifnya berlaku mulai 2020. Misalnya di Bagian Humas nanti akan melebur ke TU Pimpinan yang awalnya bagian dari Rumah Tangga, serta Kominfo," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB Asep Ilyas menuturkan, Rapat Panitia Seleksi Terbuka tanggal 2 November 2019, bernomor 22/PANSEL/2019, meloloskan 21 pejabat lolos setelah melalui serangkaian tahapan seleksi.

Sesuai aturan, panitia seleksi menyodorkan tiga nama kepada bupati kemudian dipilih untuk mengisi jabatan kepala dinas dan staf ahli yang kosong. "Sudah mengerucut. Asalnya dari lima pejabat, kini sudah tinggal tiga di setiap jabatan," tutur Asep.

Hasil Akhir Open Bidding di Pemda KBB:

* Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan:
- Avira Nurfashihah
- Deni Buchori Hutomi
- Usep Sudrajat

* Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil:
Bambang Eko Setyowahyudi
Hendra Trismayadi
Heru Budi Purnomo

* Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak:
- Evi Saefiyani
- Eriska Hendrayana
- Wewen Surwenda

* Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan:
- Cecep Suhendar
- Ricky Riyadi
- Sulaena Faisal

* Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik:
- Yendra Widiesa
- Asep Sehabudin
- Iwan Mustawan Azis

* Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Sumber Daya Manusia:
- Akhmad Panji Hernawan
- Asep Lili Holilulloh
- Siti Aminah Ansoriah

* Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan:
- Djarot Prasetyo
- Moch Lukmanul Hakim
- Rita Dewi Puspita



(awd)