alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Warga Buang Sampah, Irigasi di Cirebon Jadi Tempat Budidaya Ikan

Toiskandar
Cegah Warga Buang Sampah, Irigasi di Cirebon Jadi Tempat Budidaya Ikan
Warga melihat ikan yang dibudidayakan di saluran irigasi di Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon. Foto/iNEWSTv/Toiskandar

CIREBON - Warga Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon membudidayakan ikan mas di sepanjang saluran irigasi. Budidaya ikan di selokan ini mampu mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tak membuang sampah sembarangan.

Ikan yang hidup di air tawar ini pun menjadi perhatian masyarakat setempat. Bahkan warga yang melintas pun berhenti untuk melihat ikan yang ada di sepanjang saluran irigasi sepanjang 40 meter tersebut.

Budidaya ratusan ikan emas ini bermula dari keprihatinan Pemerintah Desa Palir dengan kondisi saluran irigasi yang kumuh dan penuh sampah. Dengan modal dana desa dan swadaya masyarakat, pemerintah desa pun menanam dua setengah kwintal ikan hias di saluran irigasi.



Ini bertujuan untuk mencegah masyarakat membuang sampah ke sungai dan saluran irigasi. “Budidaya ikan emas sejak satu bulan ini membuat kondisi saluran air mulai membaik dan sampah semakin berkurang. Saluran air juga menjadi indah dan bersih,” kata aparat Desa Palir Mudah.

Tak hanya ikan emas, ujar Mudah, Pemerintah Desa Palir juga berencana membudidayakan ikan jenis lain. Seperti lele dan ikan patin.



(awd)