Smart Village, Pemkab Purwakarta Target 183 Desa Dijangkau Internet

Selasa, 05 November 2019 - 18:01 WIB
Smart Village, Pemkab Purwakarta Target 183 Desa Dijangkau Internet
Jajaran Diskominfo Purwakarta menjelaskan tentang target Program Desa Cerdas terealisasi pada 2020. Sebanyak 183 desa ditarget bisa terjangkau internet. Foto/Diskominfo Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Pogram Smart Village atau Desa Cerdas di Kabupaten Purwakarta yang digulirkan beberapa tahun lalu, terus diefektifkan. Program tersebut merupakan layanan penyediaan jaringan internet sampai ke pelosok perdesaan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta Ida Hamidah mengatakan, desa berbasis teknologi informasi merupakan orientasi program yang sedang diaksanakan dan diefektifkan.

"Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami terus mengecek melalui Program Gempungan. Dari pengecekan itu nanti ada evaluasi,” kata Ida, Selasa (05/11/2019).

Berdasarkan data Diskominfo Purwakarta, ujar Ida, instalasi jaringan internet sudah terpasang di 42 desa yang tersebar di 17 kecamatan. Cakupan program merata di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta.

Proyeksi pada 2020, akan menaikan cakupan menjadi 70 desa. Jumlah ini akan terus berlanjut sampai seluruh desa di Kabupaten Purwakarta memiliki jaringan internet.

“Nanti totalnya menjadi 112 desa dari 183 desa yang ada, dan terus berlanjut sampai selesai. Adapun 9 kelurahan di Kecamatan Kota sudah berjalan. Maka desa dan kelurahan di Purwakarta sudah melek internet,” ujar dia.

Ida menuturkan, area publik seperti kantor pemerintahan desa dan tempat wisata menjadi sasaran program tersebut. Kedua area ini dipilih dalam rangka melakukan percepatan pelayanan publik dan sosialisasi tempat wisata di Purwakarta.

"Kami sudah mengusulkan anggaran Rp3 miliar terkait ini. Output - nya ada dua, yakni percepatan pelayanan publik dan sosialisasi wisata,” tutur Ida.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1540 seconds (0.1#10.140)