Volume Sampah Meningkat, Daya Tampung TPA Cikolotok Ditambah

Jum'at, 07 September 2018 - 14:33 WIB
Volume Sampah Meningkat, Daya Tampung TPA Cikolotok Ditambah
Beban TPA Cikolotok sudah sangat berat dalam menampung volume sampah Purwakarta yang terus meningkat. Solusinya, pemkab setempat akan memperluas areal TPA tersebut, dari 9,1 hektare menjadi 10 hektare. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikolotok, Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ditambah. Penambahan itu menyusul semakin meningkatnya volume sampah yang saat ini mencapai 150 meter kubik per hari.

Rencananya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta, menambah daya tampung TPA seluas 9.000 meter, sehingga ke depan akan digenapkan menjadi 10 hektare. "Kami akan genapkan menjadi 10 hektare, yang sebelumnya 9,1 hektare," ujar Kepala DLH Kabupaten Purwakarta Didi Suardi, Jumat (7/9/2018).

Dia menjelaskan, penambahan areal TPA ini untuk mendukung kapasitas TPA sebagai lokasi pembuangan sampah akhir. Apalagi, sudah 12 tahun terakhir areal tersebut tidak mendapatkan perluasan. "Seiring volume sampah yang terus bertambah jadi kami perlu perluasan juga," katanya.

Dengan pengelolaan metode sanitary land fill, perlu dukungan lahan yang cukup luas. Dengan penambahan areal, masa pakai TPA pun akan cukup panjang.

"TPA Cikolotok bisa dimanfaatkan selama 15 tahun ke depan. Metode sanitary land fill dalam mengelola sampah kita perkuat, supaya sampah yang dibuang ke Cikolotok bisa diurai dengan cepat," ujar Didi.

Menurutnya, pengelolaan sampah hari ini masih manual, dengan pemilahan sampah basah atau kering. Sampah basah diuruk dengan tanah agar baunya tidak tercium.

Sementara itu, Kasi TPA DLH Kabupaten Purwakarta Ade Iskandar mengatakan, sebanyak 80% sampah Purwakarta dibuang ke TPA Cikolotok, sedangkan sisanya 20% dibuang ke TPA di Kecamatan Tegalwaru. "Beban TPA Cikolotok memang sangat tinggi. Makanya, perlu perluasan wilayah," ujar Ade.

Biaya pembebasan penambahan luas TPA ini berasal dari anggaran bantuan Pemprov Jabar. "Segera terealisasi dan ke depan TPA bisa bertambah daya dukungnya," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1727 seconds (0.1#10.140)