alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

2 TKW Asal Karawang Berhasil Diamankan di KBRI Baghdad

Nila Kusuma
2 TKW Asal Karawang Berhasil Diamankan di KBRI Baghdad
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Foto/Dok SINDOnews

KARAWANG - Janji Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana untuk memulangkan TKW asal Karawang, Rustia dan Septiani, yang diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Irak, mendekati kenyataan. Sebab, dua TKW tersebut saat ini sudah berhasil diamankan pihak KBRI Baghdad, Irak untuk segera dipulangkan.

"Alhamdulillah ya kami sudah mendapat informasi dari BNP2TKI jika keberadaan dua warga kita sudah diamankan pihak KBRI di sana. Saya berterima kasih kepada BNP2TKI, Kemenlu, dan semua pihak yang membantu hingga dua warga kita sudah bisa diamankan. Saat ini mereka sedang menjalankan proses administrasi hingga selesai dan kemudian kembali pulang," kata Cellica, Senin (4/11/2019)

Sebelumnya Cellica mendatangi Kantor Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di Jakarta untuk menanyakan langsung perkembangan kondisi dua orang warganya itu.



"Tahap pertama itu membawa mereka ke zona aman keluar dari Kurdi, Irak. Sekarang mereka sudah berhasil dibawa dan diamankan di KBRI kita," kata Cellica.

Cellica mengatakan, proses pemulangan kedua orang tersebut sempat alot karena salah satu TKW yaitu Septiani sudah bekerja dan menolak dipulangkan. Namun, karena kedatangan mereka ke Irak melalui jalur ilegal,pemerintah memaksa keduanya kembali ke Indonesia. "Harus segera dipulangkan karena mereka datang secara ilegal, nanti bakal menimbulkan masalah lagi." (Baca juga: TKW Asal Karawang Menangis Minta Pulang dari Irak).



(zik)