Masjid Asy-Syuro Garut, Salah Satu Karya Abikoesno Tjokrosoejoso

Jum'at, 07 September 2018 - 10:59 WIB
Masjid Asy-Syuro Garut, Salah Satu Karya Abikoesno Tjokrosoejoso
Panel bergambar Masjid Asy-Syuro yang dipasang di ruangan Pameran Tokoh Abikoesno Tjokrosoejoso Sang Arsitek Pendiri Bangsa di Gedung Museum Naskah Proklamasi, Jakarta. Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie
A A A
JAKARTA - Salah satu tokoh bangsa, Abikoesno Tjokrosoejoso, ternyata juga peran penting dalam berdirinya sebuah masjid di Garut, Jawa Barat, yang bernama Masjid Asy-Syuro. Hal ini tak bisa dilepaskan dari latar belakang Abikoesno yang merupakan seorang arsitek.

Sebuah gambar bangunan masjid terpampang di salah satu panel Pameran Tokoh Abikoesno Tjokrosoejoso Sang Arsitek Pendiri Bangsa di Gedung Museum Naskah Proklamasi, Jakarta, yang digelar 9 Agustus-9 September 2018. Nama masjid itu, Masjid Asy-Syuro, terletak di Kampung Cipari, Desa Sukarasa, Kecamatan Wanaraja, Garut.

Masjid tersebut memang tak bisa dipisahkan dari sosok Abikoesno. Tokoh yang lahir di Delapa, Madiun, pada 15 Juni 1897 ini adalah sang arsitek masjid. Untuk diketahui, Abikoesno adalah tokoh Sarekat Islam dan juga merupakan adik HOS Tjokroaminoto.
Masjid Asy-Syuro Garut, Salah Satu Karya Abikoesno Tjokrosoejoso

Masjid ini dibangun pada 1935, atas inisiatif KH Yusuf Tauziri, pengasuh Pondok Pesantren Cipari. Masjid berbentuk empat persegi panjang ini dirancang oleh Abikoesno. Bangunan masjid merupakan perpaduan seni bangunan Jawa dan Eropa. Pelaksananya seorang ahli bangunan bernama Muhyi dari Ciledug, Garut.

Atap masjid dari genteng dengan bentuk panjang. Di ujung belakang atau sebelah timur masjid terdapat menara segi delapan setinggi 17 meter terdiri dari enam lantai. Dia atasnya ada pipa besi setinggi 8 meter dan ujungnya terdapat bulan spasi terbuat dari pernikel.

Masjid ini diresmikan oleh HOS Tjokroaminoto pada tahun 1936. Bangunan masjid ini telah dua kali dipugar yakni pada 1950 dan 1995, tanpa mengubah struktur dan konstruksi bangunan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1854 seconds (0.1#10.140)