alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tiga Nama Calon Rektor Bersaing Pimpin Kampus ITB

Arif Budianto
Tiga Nama Calon Rektor Bersaing Pimpin Kampus ITB
Tiga calon rektor ITB saat mengikuti ekspose publik dalam tahapan pemilihan rektor ITB periode 2020-2025. Foto/Humas ITB

BANDUNG - Setelah menjaring lebih dari 30 bakal calon rektor, Senat Akademik (SA) Institut Teknologi Bandung (ITB) akhirnya menyatakan tiga nama lolos mengikuti proses pemilihan rektor ITB periode 2020-2025.

Ketiga nama itu adalah Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi (rektor saat ini), dan Reini Wirahadikusumah. Dengan terpilihnya mereka, ketiganya selanjutnya mengikuti tahapan proses pemilihan rektor ITB.

Penetapan tiga calon rektor dilakukan melalui sidang Senat Akademik (SA) ITB pada Jumat, 1 November 2019 lalu. Pemilihan tersebut dilaksanakan dalam sidang tertutup SA yang dimulai pada pukul 13.30 WIB. Sidang dipimpin oleh Ketua Senat Akademik ITB, Prof Hermawan K Dipojono.



Menurut Hermawan, sidang dimulai dengan sesi tanya jawab antara anggota senat dengan enam bakal calon rektor ITB secara bergiliran. Usai wawancara, dilakukan pemilihan dan penetapan tiga  calon rektor ITB.

"Sidang berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh 58 dari 59 anggota tetap Senat Akademik ITB. Sidang tersebut berakhir pada pukul 16.30 WIB," kata Hermawan dalam siaran persnya, Minggu (3/11/2019).

Pada Sabtu  November 2019 kemarin, ketiga calon rektor juga telah mengikuti ekspose publik di Jalan Ganesha. Kegiatan tersebut sebagai sarana interaksi antara tiga calon rektor dengan civitas akademika ITB dan masyarakat.

Ekspos publik dan sidang terbuka menjadi kesempatan yang luar biasa bagi publik untuk lebih mengenal sekaligus mengajukan pertanyaan kepada para bakal calon rektor.

Proses selanjutnya, yaitu pemilihan rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA) yang diharapkan akan selesai sekitar tanggal 8 November 2019. Tahap akhir pemilihan rektor melalui Sidang MWA rencananya akan dihadiri oleh Menteri Nadiem Makarim.



(abs)