alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Empat Sambal Khas Sunda yang Menggugah Selera

Diana Rafikasari
Empat Sambal Khas Sunda yang Menggugah Selera
Di kalangan masyarakat Sunda, sambal adalah pelengkap bersantap yang menggugah selera. Mereka pun mengenal berbagai jenis sambal yang mantap untuk bersantap. (Endeus TV)

JAKARTA - Makanan dengan cita rasa pedas masih menjadi tren kuliner Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya penjaja kuliner yang menghadirkan berbagai olahan dengan tingkat level kepedasan yang beragam. Sebut saja ayam geprek, seblak, bakso aci, hingga mi.

Masyarakat Indonesia sendiri dikenal senang untuk menambahkan elemen pedas pada makanan yang dikonsumsi karena dinilai dapat menambahkan cita rasa dari makanan tersebut. Berbagai jenis makanan seperti bakso, nasi goreng, mi ayam, dan makanan lainnya seringkali dikombinasikan dengan menggunakan sambal.

Menariknya, Indonesia memiliki berbagai macam jenis sambal. Di Sunda, terdapat berbagai macam sambal yang dimasak khas dan menggugah selera. Berikut berbagai macam sambal yang dapat menjadi teman makan Anda seperti dikutip dari Endeustv.



1. Sambal Cibiuk
Sambal Cibiuk
Sambal cibiuk merupakan sambal khas Garut. Sambal yang satu ini termasuk ke dalam golongan sambal mentah karena tidak diperlukan proses memasak dalam pembuatannya. Cara membuat sambal ini cukup dengan campurkan berbagai bahan seperti kencur, daun kemangi, tomat hijau kecil, cabai rawit hijau dan terasi bakar lalu dihaluskan. Setelah itu tambahkan potongan tomat dan tumbuk atau diulek kasar. Jangan lupa tambahkan daun kemangi supaya sambal harum. Sambal ini semakin enak jika dinikmati dengan nasi hangat, ikan goreng, ikan asin, ayam goreng hingga kerupuk.

2. Sambal Oncom
Sambal Oncom
Masyarakat Sunda suka sekali dengan oncom oleh sebab itu terdapat berbagai masakan yang berbahan dasar oncom, salah satunya adalah sambal oncom. Sambal oncom yang bisa juga dijadikan sebagai lauk nasi karena kaya akan bumbu-bumbu. Bumbu yang digunakan untuk membuat sambal ini cukup cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur dan lengkuas. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan lalu ditumis. Setelah itu ditambah dengan oncom yang sudah dihaluskan.

3. Sambal Dadak
Sambal Dadak
Sambal dadak merupakan sambal yang dibuat secara mendadak atau sambal yang dibuat ketika kita ingin memakan sambal saja. Oleh sebab itu cara membuat sambal ini praktis dan tidak ribet dan tidak perlu menggunakan bawang putih. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini cukup cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, terasi, gula merah dan garam. Supaya lebih segar, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis.

4. Sambal Kencur
Sambal Kencur
Salah satu yang menjadi ciri khas masakan Sunda yaitu adanya kencur pada makanan. Oleh sebab itu, masyarakat Sunda memiliki sambal kencur. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini yaitu berupa cabai, kencur, gula, dan garam. Anda juga bisa menambahkan kemiri, kemangi, dan tomat untuk rasa yang lebih segar.



(zik)