alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polemik Gaji Menhan, Gerindra Sebut Prabowo Taat Aturan dan Asas

Rico Afrido Simanjuntak
Polemik Gaji Menhan, Gerindra Sebut Prabowo Taat Aturan dan Asas
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto/SINDOnews

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto taat aturan dan taat asas terkait gaji sebagai menteri. Mantan Danjen Kopassus itu sudah mendapatkan penjelasan dari Sekretariat Negara (Setneg) dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) bahwa gaji atau tunjangan harus diterima.

"Bahwa dia dapat penjelasan dari itu, maka Pak Prabowo kan harus taat aturan dan asas, maka beliau akan menerima, namun akan disalurkan ke yayasan-yayasan, seperti yayasan kanker, lembaga zakat, rumah ibadah dan lain-lain," ujar anggota Badan Komunikasi Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Andre Rosiade, Jumat (1/11/2019).

Karena itu, gaji dan tunjangan itu adalah hak yang harus diterima. "Pak Prabowo taat asas dan diterima, tapi disalurkan, mana kira-kira yang prioritas yang membutuhkan. Misalnya soal renovasi, pakai uang sendiri enggak boleh, ya nanti diaturlah. Intinya Pak Prabowo ini taat asas," ungkapnya.



Legislator asal Daerah Pemilihan Sumatera Barat I ini berpendapat tidak ada miskomunikasi antara Prabowo Subianto dengan Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Jadi pernyataan Pak Prabowo ini dibuat setelah Kemhan dan Setneg, bahwa gaji harus diterima dan dipersilakan pada beliau untuk menggunakannya, untuk disumbangkan dan lain-lain, jadi tak ada miskom. Pernyataan itu keluar setelah dapat penjelasan," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Prabowo tidak akan menerima gaji sebagai Menhan dan tidak menggunakan mobil dinas. Sehari berselang, Prabowo Subianto mengungkapkan hal yang berbeda. (Baca juga: Menhan Prabowo Subianto Tidak Ambil Gaji, Begini Reaksi Warganet).

Prabowo mengaku akan menerima gaji dan menggunakan fasilitas negara yang diberikan sebagai penyelenggara negara. Kemudian, Dahnil Anzar langsung memberikan penjelasan di akun Twitternya, bahwa tidak ada miskomunikasi antara dirinya dengan Prabowo. (Baca juga: Prabowo Salurkan Gaji ke Yayasan Kanker dan Lembaga Zakat, Begini Reaksi Warganet).



(zik)