alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dilantik di Istana, Idham Azis Resmi Menjadi Kapolri

Dita Angga Rusiana
Dilantik di Istana, Idham Azis Resmi Menjadi Kapolri
Presiden Jokowi melantik Komjen Pol Idham Aziz sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta. Foto/SINDOnews/Dita Angga Rusiana

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri. Idham diangkat sebagai Kapolri berdasarkan Keputusan Presiden No.97/Polri Tahun 2019.

Pada pelantikan tersebut, Idham diambil sumpah langsung oleh Presiden Jokowi. "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi tribrata," demikian petikan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti oleh Idham Azis di Istana Negara, Jumat (1/11/2019).

Pada kesempatan tersebut Idham Azis juga mendapatkan kenaikan pangkat dari Komjen Polisi menjadi Jenderal Polisi. Kenaikan ini berdasarkan Keputusan Presiden No.98/Polri tahun 2019.



Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah tokoh di antaranya Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Wakil Ketua MPR Syarif Hasan, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Puan Maharani, dan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel. Hadir juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju juga nampak hadir seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.



(zik)