alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kreasi Menu dari 16 Kecamatan di KBB Ikut Lomba Makanan Non Beras

Adi Haryanto
Kreasi Menu dari 16 Kecamatan di KBB Ikut Lomba Makanan Non Beras
Ketua TP PKK KBB Yuyun Yunengsih menilai dan mencicipi kreasi olahan makanan dari 16 kecamatan dalam Lomba Makanan Non Beras tingkat KBB, Kamis (31/10/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Puluhan ragam menu makanan non beras hasil kreasi ibu-ibu PKK dari 16 kecamatan ikut dalam kompetisi Lomba Makanan Non Beras tingkat Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (31/10/2019). Menu makanan kreasi itu dinilai oleh Ketua Tim Penggerak PKK KBB Yuyun Yunengsih.

"Ini adalah Lomba Makanan Non Beras Tingkat KBB 2019. Kami ingin melihat bagaimana ibu-ibu PKK menunjukkan kreativitas dalam mengolah menu di luar beras," kata Yuyun ditemui di sela kegiatan di Kompleks Pemda KBB.

Istri Bupati Aa Umbara Sutisna ini menilai, kreasi menu yang ditampilkan ibu-ibu PKK dari setiap kecamatan, berbeda-beda. Peserta mampu menampilkan sajian yang unik dan mengugah selera. Itu menandakan kemampuan mereka dalam memasak dan mengolah bahan mentah di luar beras patut diacungi jempol.



Seperti olahan makanan berbahan dasar umbi-umbian, seperti singkong, ubi jalan, dan lain-lain. Bahan dasar makanan itu mudah didapat dan banyak terdapat di lingkungan sekitar.

Sehingga potensi hasil pertanian lokal, ujar Yuyun, bisa dimanfaatkan. Lalu ada juga menu berbagai ikan, seperti patin, mas, dan gurame. Tidak ketinggalan juga sajian puding dan buah-buahan.

"Ini semua dinilai oleh tim juri dari PKK dan Dinas Kesehatan KBB. Dari penampilan menarik, rasa enak, dan unik. Juaranya akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan otomatis menjadi wakil KBB ke tingkat provinsi untuk lomba yang sama," ujar dia.

Yuyun melihat animo peserta sangat tinggi. Bahkan ada beberapa kecamatan yang membuat tidak hanya satu menu tapi beberapa sajian sekaligus.

"Tadi sempat nyicip dan rasanya enak-enak. Semoga ini jadi perangsang ibu-ibu untuk kreatif dan produktif sehingga bisa menjadi sebuah usaha untuk menambah penghasilan keluarga," tandas Yuyun.



(awd)