alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Horee...KRL Commuter Line Bakal Masuk Karawang

Nila Kusuma
Horee...KRL Commuter Line Bakal Masuk Karawang
Ilustrasi/SINDOnews

KARAWANG - Permintaan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana agar KRL Commuter Line dapat menjangkau hingga Karawang, nampaknya bakal terwujud. PT KAI akan membangun jaringan KRL di Karawang mulai tahun 2020.

PTĀ  KAI melalui Deputi EVP 1 Daerah Operasional 1 Sofyan Hasan mengatakan, rute KRL dari Jakarta hingga Cikarang akan diperpanjang hingga Karawang. Namun, rencana tersebut baru akan dilaksanakan tahun 2020.

"Kita kan cuma operator pengoperasian kereta api, namun informasi terkait rencana itu sudah kita dapatkan," kata Sofyan di sela-sela pelayanan kesehatan gratis bagi warga Karawang di Klinik Kereta Api, Kamis (31/10/2019).



Menurut Sofyan rencananya pembangunan jaringan Commuter Line ke arah Timur menjangkau hingga Stasiun Cikampek. Kemudian ke arah barat menjangkau hingga Serang. "Untuk sementara pembangunan jaringannya hanya sampai Karawang dulu, setelah itu baru ke Cikampek," ujarnya.

Menurut Sofyan, trek Commuter Line awalnya hanya mencapai Stasiun Cikarang. Namun, pihak Ditjen Perkeretaapian menginginkan sampai ke Karawang, bahkan ke Cikampek. "Ini tidak terlalu rumit untuk dilaksanakan karena kita hanya membangun tiang listrik di sepanjang rel yang tersedia. Relnya masih menggunakan rel lama."

Sebelumnya, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana meminta PT KAI agar Commuter Line bisa menjangkau Karawang. Alasannya, pengguna kereta api di Karawang menuju Jakarta sudah membeludak.

Cellica juga pernah ngotot agar kereta cepat Jakarta-Bandung berhenti di Stasiun Karawang. Itu setelah beredar kabar transit oriented development (TOD) yang tadi akan dibangun di Karawang digeser ke wilayah Bekasi. Akhirnya, TOD tetap dibangun di Karawang sehingga masyarakat Karawang bisa menggunakan kereta cepat tersebut.



(zik)