alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pangandaran Digoyang Gempa Tektonik Magnitudo 4,8

Agus Warsudi
Pangandaran Digoyang Gempa Tektonik Magnitudo 4,8
Foto/BMKG

BANDUNG - Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (31/10/2019) pukul 08.56 WIB. BMKG merilis, gempa bumi itu berpusat pada koordinat 8.23 LS-108.25 BT, berada di laut berjarak 64 kilometer (km) Barat Daya, Kabupaten Pangandaran di kedalaman 25 kilometer.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, dilihat dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang mengguncang Pangandaran ini dangkal. Gempa itu akibat aktivitas intraslab Lempeng Eurasia.

Agus mengatakan, peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat, gempa bumi tersebut dirasakan di wilayah Cilacap dengan skala Intensitas II MMI. Kemudian di Ciamis, Tasikmalaya, dan Banjar dengan skala I-II MMI.



"Sedangkan di Pangandaran dengan skala Intensitas II-III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut," kata Agus.  

Hasil monitoring BMKG, ujar dia, belum ada aktivitas gempa susulan atau aftershock. "Masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. Karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa tersebut," ujar Agus.



(zik)