Lebih Fokus, Satu Kementerian Bermitra dengan Satu Komisi di DPR

Selasa, 29 Oktober 2019 - 11:46 WIB
Lebih Fokus, Satu Kementerian Bermitra dengan Satu Komisi di DPR
Ketua DPR Puan Maharani memastikan bahwa satu kementerian hanya bermitra dengan satu komisi di DPR Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani memastikan bahwa satu kementerian hany akan bermitra dengan satu komisi di DPR. Hal ini merupakan upaya menyederhanakan hubungan antara kementerian dengan komisi-komisi di DPR.

"Alhamdulillah, kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi, sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian," ujar Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/10/2019).

Contohnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada periode kali ini hanya bermitra dengan Komisi IV. "Semula dibahas di Komisi IV dan Komisi VII, sehingga sering lempar tanggung jawab, butuh energi dan waktu untuk koordinasi," ujar Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini pun mengharapkan, dengan adanya kesepakatan satu kementerian bermitra satu komisi di DPR bisa membuat lembaga legislatif ini memaksimalkan fungsi pengawasannya.

Kesepakatan satu kementerian bermitra dengan satu komisi dihasilkan dalam Rapat Konsultasi DPR Pengganti Bamus yang dihadiri Pimpinan DPR dan seluruh pimpinan fraksi, Senin (28/10/2019).

Kesepakatan itu bakal disahkan dalam Rapat Paripurna IV DPR RI siang nanti. Rapat Paripurna yang dijadwalkan pukul 14.00 WIB sekaligus akan mengesahkan 11 komisi DPR RI beserta ruang lingkup dan tugasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0905 seconds (0.1#10.140)