alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Yuk Masak Bandeng Bumbu Bali di Rumah

Tedy Ahmad
Yuk Masak Bandeng Bumbu Bali di Rumah
Bandeng bumbu bali menjadi salah satu makanan yang disukai karena rasanya yang menggoda. Anda pun bisa membuatnya di rumah.Foto/Instagram

JAKARTA - Pernah merasakan masakan Bali, khususnya ikan bandeng? Nah, sekarang ini saatnya. Anda bisa membuat bandeng bumbu bali di rumah dengan bahan-bahan yang ditentukan.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya.

Bahan 1:



1 ekor @700 g Ikan Bandeng, bersihkan dan potong bulat 6 bagian
400 ml Minyak Goreng

Bahan 2:

(Marinasi Desaku)

1 sdt Garam
2 sdt Desaku Ketumbar Bubuk
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk
5 sdm Air

Bahan 3: (bumbu halus)

8 buah Cabai Merah
5 buah Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
4 butir Kemiri, goreng
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk • 2 cm Jahe
1 sdt Terasi
1¼ sdt Garam
50 ml Air

Bahan 4:

5 sdm Minyak Goreng
2 lembar Daun Salam
1 lembar Daun Jeruk
1 batang Serai, memarkan
4 cm Lengkuas, memarkan
1 sdm Kecap Manis
1½ sdm Gula Merah
1 sdt Gula Pasir
2 buah Tomat, potong 8 bagian
50 ml Air

Cara membuat:
Panaskan 400 ml minyak goreng, goreng ikan bandeng tanpa bumbu. Campur semua bahan 2 (bahan Marinasi Desaku) dalam wadah kecil, aduk rata. Masukkan ½ bagian larutan bumbu marinasi sesaat sebelum ikan dibalik, tunggu hingga minyak goreng bening kembali.

Balik ikan. Masukkan sisa bumbu marinasi sesaat ikan sebelum diangkat, tunggu hingga minyak goreng bening kembali. Kemudian tiriskan.

Haluskan bahan 3. Tumis bumbu halus beserta daun salam, serai, lengkuas dan daun jeruk hingga harum dan matang. Masukkan gula merah, gula pasir, kecap manis, tomat dan air, masak hingga tomat cukup layu. Masukkan ikan bandeng, aduk hingga bumbu meresap. Hidangkan selagi hangat.



(zik)