alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KNPI KBB Dorong Penerbitan Perda Kepemudaan

Adi Haryanto
KNPI KBB Dorong Penerbitan Perda Kepemudaan
Forum Diskusi Pemuda dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda ke-91 yang melibatkan unsur eksekutif dan legislatif dari DPR RI di ruang rapat DPRD KBB, Senin (28/10/2019) petang. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta pihak DPRD dan Pemda KBB untuk segera menerbitkan Perda Kepemudaan. Hal itu disampaikan dalam Forum Diskusi Pemuda dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda ke-91 yang melibatkan unsur legislatif dan eksekutif di ruang rapat DPRD KBB, Senin (28/10/2019) petang.

Forum Diskusi Pemuda ini digagas KNPI KBB dengan menghadirkan pembicara Ketua DPRD KBB Rismanto, Kepala Bappelitbangda Asep Wahyu FS, anggota DPR RI Rian Firmansyah, dan tokoh pendiri KBB Asep Suhardi. Turut hadir juga perwakilan dari DPP KNPI Holid Nurjamil serta sejumlah anggota dan pengurus KNPI KBB.

"Sejak KBB dimekarkan pada 2007 sampai sekarang belum ada Perda Kepemudaan. Padahal ini sangat penting dalam mendorong para pemuda di KBB lebih aktif dalam menyumbangkan pikiran maupun gagasan untuk pembangunan," kata Ketua KNPI KBB Lili Supriatna seusai acara.



Dia menilai, keberadaan Perda Kepemudaan menjadi dasar hukum buat pemuda dalam berkiprah memajukan daerahnya. Nantinya, akan ketahuan peran dan hak pemuda dalam pembangunan, sehingga pemuda KBB tidak hanya jadi penonton di daerahnya sendiri. Untuk itu, pihaknya akan meminta agar dalam revisi RPJMD dan RPMJP juga tertuang kiprah dan peran bagi pemuda.

Selain usulan Perda tentang Kepemudaan, rekomendasi yang akan dikeluarkan KNPI kepada Pemkab maupun DPRD KBB adalah terkait dengan persoalan pengangguran, kemiskinan, dan infrastrukur. Hal ini sejala dengan program Bupati Aa Umbara Sutisna dan Wakil Bupati Hengki Kurniawan yang begitu perhatian dalam pengentasan persoalan kemiskinan, pengangguran, sampai infrastruktur.

"Program itu harus didorong dan didukung oleh seluruh pemuda Bandung Barat. Karena saya yakin pemuda KBB memiliki kemampuan yang mumpuni, terbukti banyak pemuda-pemuda KBB yang bisa berkiprah dan mampu bersaing di tingkat nasional. Seperti anggota DPR RI milenial asli putra daerah dari KBB Rian Firmansyah, di bidang olahraga, dan lain-lain," sebutnya.

Ketua DPRD KBB Rismanto mengapresiasi dan menyambut baik dialog atau diskusi dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-91 yang diselenggarakan KNPI KBB. Terkait usulan harus segera diterbitkannya Perda Kepemudaan di KBB, mengingat di daerah tetangga seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung sudah ada, pihaknya akan mengomunikasikan ke Bapemperda usulan tentang perlunya Perda tentang Kepemudaan.

"Kami akan pertimbangkan dan semoga jadi prioritas pembahasan.Kebetulan beberapa waktu lalu pimpinan DPRD sudah menerima audiensi dengan KNPI KBB di mana salah satu pembahasannya tentang Raperda Kepemudaan," ucapnya.



(zik)