Fakultas Teknik UI Punya Smart Classroom Canggih

Senin, 28 Oktober 2019 - 21:40 WIB
Fakultas Teknik UI Punya Smart Classroom Canggih
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) membangun sebuah ruang kelas perkuliahan yang nyaman, modern dan interaktif bernama Smart Classroom Kapal Api. Ini adalah hasil kerjasama FTUI dengan PT Kapal Api Global. Foto SINDOnews/R Ratna P
A A A
DEPOK - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) membangun sebuah ruang kelas perkuliahan yang nyaman, modern dan interaktif bernama Smart Classroom Kapal Api. Ini adalah hasil kerjasama FTUI dengan PT Kapal Api Global.

Hadir pada peresmian Senin (28/10/2019) tersebut Rektor UI Muhammad Anis, Chied Marketing Officer PT Kapal Api Global Christeven Mergonoto dan Deputy CEO PT Kapal Api Global Adi Haryono. Peresmian Smart Classroom ini bertepanan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Smart class room dibangun dengan konsep memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran. “Smart class room dilengkapi dengan modular table yang dapat diatur formasinya sesuai dengan mode perkuliahan, serta smart board interaktif yang memiliki fitur canggih,” kata Hendri, Senin (28/10/2019).

Dengan adanya smart classroom ini akan mempemudah aktivitas belajar mahasiswa. Selama perkuliahan berlangsung juga, sistem akan merekam kegiatan perkuliahan secara otomatis dan hasilnya dapat digunakan untuk oleh mahasiswa.

“Hasil rekaman dan hasil diskusi selama perkuliahan di smart class room dapat diakses oleh mahasiswa melalui kanal learning management system,” paparnya.

Smart class room ini dibangun merupakan bagian dari visi dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia untuk menyediakan cutting edge engineering education. “Kami berkeinginan untuk mengimplementasikan teknologi IT yang mengubah proses pengajaran di FT UI dari teaching menjadi learning yang berfokus kepada mahasiswa,” tambahnya.

Chief Marketing Officer PT Kapal Api Global, Christeven Mergonto mengatakan, industri dan universitas harus bergandengan erat dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang siap menghadapi persaingan masa depan.

“Pengembangan pendidikan Indonesia, bukan hanya tanggung jawab kampus tapi juga tanggung jawab masyarakat industri,” kata Christeven.

Christeven mengatakan, dengan begitu maka PT Kapal Api Global turut berpartisipasi dengan memberikan hibah pembangunan smart class room tersebut.

“Penerapan teknologi diharapkan dapat mendorong pembentukan sistem yang terintegrasi untuk memfasilitasi proses belajar untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan global,” pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5245 seconds (0.1#10.140)