alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dongkrak Inklusi Keuangan, bank bjb Bidik Kalangan Milenial

Arif Budianto
Dongkrak Inklusi Keuangan, bank bjb Bidik Kalangan Milenial
Bank bjb bersama OJK, BI, dan Pemprov Jabar mengelar Festival Literasi Keuangan 2019 di Cikapundung Riverspot, Kota Bandung, 26 hingga 27 Oktober 2019. Foto/Dok.Humas bank bjb

BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) terus mendorong naiknya angka inklusi keuangan di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mendidik kalangan milenial untuk memanfaatkan produk dan jasa perbankan.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, generasi milenial menjadi bidikan bank bjb untuk meningkatkan angka inklusi keuangan. Akses keuangan generasi milenial diharapkan meningkatkan serapan dana pihak ketiga, termasuk meningkatkan pendapatan perseroan dari layanan perbankan.

"Generasi muda memiliki peranan penting dalam menentukan wajah Indonesia di masa depan. Karena itu, generasi muda Indonesia perlu mengenal dan mengetahui lebih banyak fasilitas dan produk industri jasa keuangan, sehingga mereka bisa memanfaatkannya secara maksimal," ujar Yuddy.



Menurut dia, bank bjb saat ini telah menyiapkan keandalan layanan aplikasi mobile untuk mendukung keinginan milenial dimana layanan itu akan menghadirkan beberapa kemudahan dalam bertransaksi. Dia berharap, sebelum akhir tahun, layanan tersebut dapat segera diperkenalkan kepada publik.

Lebih lanjut Yuddy mengatakan, upaya penetrasi tingkat inklusi keuangan dilakukan melalui acara Festival Literasi Keuangan 2019 di Cikapundung Riverspot, Kota Bandung, pada 26 hingga 27 Oktober 2019. Acara tersebut digelar bekerja sama dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemprov Jabar.

Kegiatan itu digelar untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan lebih luas mengenai produk keuangan dari perbankan, asuransi, investasi, dan instrumen keuangan lainnya dengan target masyarakat umum, terutama generasi milenial.

Acara akan dikemas menarik dengan berbagai program, di antaranya talkshow seputar literasi dan inklusi keuangan, ekspos program dari beberapa mitra binaan bank bjb, serta business matching. Untuk menarik milenial, hadir pembicara berlatar belakang pelaku usaha sukses dari kalangan milenial seperti PT Crowde, blibli.com, dan Fourspeed Metalwerks.

Sebelumnya, bank bjb juga telah ikut merangkul generasi milenial dengan menggelar sosialisasi di kampus-kampus besar, agar mereka lebih melek literasi dan inklusi keuangan. Kampus yang dikunjungi antara lain Universitas Pasundan (Unpas), Universitas Islam Nusantara (Uninus), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), serta Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kepala Perwakilan OJK Jabar Triana Gunawan mengatakan, pihaknya bersama perbankan terus mendorong peningkatan akses masyarakat terhadap produk dan jasa perbankan. Pasalnya, kata dia, meningkatnya inklusi keuangan akan mendorong ekonomi masyarakat.

"Pada 2013 angka inklusi keuangan belum mencapai 60 persen. Kemudian meningkat jadi 68 persen pada 2016. Tetapi data terbaru, angka inklusi secara nasional telah mencapai 75 persen atau telah mencapai target tahun ini," paparnya.

Namun begitu, tantangan ke depan adalah meningkatnya angka literasi keuangan yang saat ini masih di bawah 30 persen. Artinya, tingginya angka inklusi, tapi literasi rendah menunjukan banyak yang telah terkoneksi perbankan, namun belum paham layanan perbankan secara penuh.



(abs)