alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Latar Belakang Bacaleg DPRD Majalengka

Inin Nastain
Ini Latar Belakang Bacaleg DPRD Majalengka
KPU Majalengka. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - Latar belakang pendidikan para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di DPRD Kabupaten Majalengka tercatat cukup beraneka ragam. Dari data yang ada, para bacaleg yang akan bersaing merebutkan suara pada Pileg 2019 mendatang itu berpendidikan SLTA hingga S3.

Berdasarkan latar belakang bacaleg yang terdaftar dalam daftar calon sementara (DCS), bacaleg dengan latar belakang pendidikan SLTA tercatat sebagai bacaleg yang paling banyak. Selain SLTA, beberapa di antaranya juga tercatat memiliki latar belakang pendidikan S3.

"SLTA termasuk Paket C sebanyak 364 orang. Untuk latar belakang pendidikan tertinggi, yakni S3 sebanyak dua orang. Untuk syarat pendidikan bacaleg sendiri, minimal SLTA atau sederajat," kata Ketua KPU Kabupaten Majalengka Supriatna kepada SINDOnews, Kamis (6/9/2018).



Dia menambahkan, latar belakang wiraswasta masih mendominasi pekerjaan para bacaleg. Selain itu, beberapa di antaranya tercatat mantan pejabat serta aparat pemerintahan.

"Pekerjaan yang paling banyak wiraswasta.  Ada mantan camat satu orang, kades dua orang, dan perangkat desa tiga orang. Untuk usia sendiri, yang paling muda 21 tahun dan paling tua 69 tahun," beber dia.

Hingga saat ini KPU Kabupaten Majalengka tidak menerima secara resmi perubahan DCS dari para parpol peserta. Dengan demikian, jumlah daftar calon tetap (DCT) nanti diperkirakan sama dengan jumlah DCS, yakni sebanyak 556 orang.



(zik)