Rayakan Hari Jadi, BLOCK71 Bandung Dukung Tumbuh Kembang Startup Digital

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 17:29 WIB
Rayakan Hari Jadi, BLOCK71 Bandung Dukung Tumbuh Kembang Startup Digital
Komunitas startup yang tergabung dalam BLOCK71 Bandung merayakan hari jadi BLOCK71 Bandung di BLOCK71 Innovation Factory, Jalan Ir H Djuanda Nomor 2018, Jumat 25 Oktober 2019 malam. Foto/Dok.BLOCK71 Bandung.
A A A
BANDUNG - Genap satu tahun BLOCK71 Bandung berkarya mewarnai lansekap digital startup sebagai ecosystem builder dan global connector. Selama itu pula, BLOCK71 Bandung sukses membangun sebuah ekosistem yang mewadahi startup-startup yang bergerak di sektor bisnis digital.

Berdiri sejak 25 Oktober 2018 lalu, BLOCK71 Bandung yang berlokasi di Jalan Ir H Djuanda Nomor 208, Kota Bandung ini lahir atas inisiatif antara National University of Singapore Enterprise dan Innovation Factory.

BLOCK71 Bandung menjadi one-stop-hub yang mendukung startup digital dalam perjalanan kewirausahaannya, menjadi penghubung dengan para stakeholder terkait, serta menyediakan fasilitas yang dapat mendukung terwujudkannya visi dan tujuan startup tersebut.

"BLOCK71 juga menjadi melting pot bagi para pemain startup dan komunitas-komunitas teknologi di Bandung, BLOCK71 Bandung adalah tempat bagi para founder startup dan tech enthusiasts untuk berbagi gagasan, berkolaborasi, dan mewujudkan gagasan mereka," ujar Hub Manager of BLOCK71 Danang Juffry di sela-sela perayaan Hari Jadi BLOCK71 di BLOCK71 Innovation Factory, Jalan Ir H Djuanda Nomor 2018, Jumat 25 Oktober 2019 malam.

Danang melanjutkan, selama satu tahun terakhir, pihaknya berupaya membangun ekosistem startup digital. Hingga kini, sedikitnya 31 startup dimana hampir 50 persennya berasal dari Bandung dan sisanya dari berbagai kota di Indonesia, termasuk luar negeri telah bergabung dengan BLOCK71 Bandung.

"Kami hadir untuk memberikan kesempatan bagi para startup untuk mengembangkan usahanya. Selain menyediakan coworking space, kami juga membantu mereka, mulai urusan legal formal hingga networking baik nasional maupun internasional," katanya.

Menurut Danang, kehadiran BLOCK71 Bandung bertujuan untuk memacu semangat para startup, khususnya di Bandung untuk terus mengembangkan inovasinya dalam berwirausaha. Dengan berbagai fasilitas yang diberikan BLOCK71 Bandung, pihaknya berharap, perkembangan startup khususnya di Bandung dan Indonesia umumnya meningkat pesat.

"Apalagi, dalam urusan startup, Indonesia saat ini sudah kalah dengan negara lain, seperti Vietnam yang sekarang sudah berkembang sangat pesat," ujarnya.

Rayakan Hari Jadi, BLOCK71 Bandung Dukung Tumbuh Kembang Startup Digital


Lebih jauh Danang mengakui, mengembangkan startup tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai kesuksesan. Bahkan, diakui juga Danang, tak sedikit startup yang gulung tikar akibat tak mampu menghadapi tantangan tersebut.

"Masalah yang paling utama adalah soal talent development (programmer). Kita ada masalah banyak talent yang dibutuhkan, tapi tidak tersedia," ungkapnya.

Dia menjelaskan, sekalipun ada talent yang mumpuni, biasanya langsung direkrut oleh perusahaan-perusahaan besar level unicorn. Akhirnya, startup yang baru memulai usahanya pun sulit untuk bersaing.

Dia juga mengatakan, pada 2012 lalu, sebuah startup digital bisa merekrut programmer dengan gaji setara upah minimum regional (UMR). Namun kini, kata Danang, gaji programmer sudah jauh dari nilai UMR.

"Teman-teman startup yang baru memulai usahanya tentu akan sangat berat. Kan gak mungkin mereka baru start bayar mahal programmer, sementara mau bersaing dengan unicorn juga tidak mampu," paparnya.

Oleh karenanya, pendampingan kepada startup-startup mutlak harus dilakukan agar bisnis yang dijalaninya dapat berkembang. Lewat pendampingan pun, tambah Danang, startup-startup akan lebih percaya diri dalam menghadapi persaingan bisnis digital.

"Apalagi, para startup ini pun memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan mereka ke pasar global melalui network BLOCK71 yang berada di Singapura, Suzhou, dan San Francisco," tandasnya.

Peringatan satu tahun berdirinya BLOCK71 Bandung sendiri dibuka dengan kegiatan signature event Kopichat dengan tema "Bandung Startup Ecosystem: Rewind and Preview" yang dimoderatori oleh Ken Ratri Iswari, CEO Geekhunter.

Dalam sesi talkshow ini, hadir sebagai pembicara para pemain ekosistem startup di Bandung, yaitu Andhika Satya Prawira, General Manager Bandung Digital Valley, Diana Sari, Ketua KST Oorange, Universitas Padjadjaran, Sonny Rustiadi, Ketua Komite The Greater Hub dan tentunya Danang Juffry, Hub Manager BLOCK71 Bandung sebagai tuan rumah.

Acara ini juga melibatkan startup-startup yang berada di dalam komunitas BLOCK71 Bandung dalam segmen Startup Showcase dimana para startup tersebut dapat melakukan eksibisi, memamerkan produk mereka, serta berhubungan dengan calon klien atau customer.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3302 seconds (0.1#10.140)