alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Selamatkan Pantai, Pertamina Bangun Wisata Mangrove di Pesisir Karawang

Nilakusuma
Selamatkan Pantai, Pertamina Bangun Wisata Mangrove di Pesisir Karawang
Bupati Karawang Cellica Nurachadiana melakukan penanaman mangrove bersama Pertamina PHE ONWJ. Foto/SINDOnews/Nilakusuma

KARAWANG - PT Pertamina Hulu Energy (PHE) melalui anak perusahaannya PHE Offshore Nort West Java (ONWJ) membangun kawasan witasa edukasi Pusat Restorasi dan Pembelajaran Manggrove (RPPM) di Dusun Pasir Putih, Desa Sukajaya,Kecamatan Cilamaya Kulon.

Pembangunan kawasan wisata mangrove seluas 20 hektare ini merupakan komitmen Pertamina menyelamatkan bibir pantai Karawang yang tergerus oleh abrasi. Ke depannya kawasan mangrove ini bukan hanya melindungi dari abrasi namun juga akan menjadi kawasan eko wisata yang cantik di kawasan pantai Karawang.

"Program penanaman manggrove ini kita lakukan setiap tahun dan tidak akan berhenti. Karena penanaman manggove ini bukan hanya sebagai upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, namun lebih dari itu merupakan bentuk tanggungjawab bersama penyelamatan alam pesisi," kata VP Relation PHE Ifki Sukarya, Sabtu (26/10/2019).



Menurut Ifki, Pertamina PHE bukan hanya melakukan penanaman manggrove, namun juga secara bertahap dibangun infrastruktu yang akan mendukung lokasi eko wisata. Infrastruktur disekitar lokasi manggrove penting untuk terus dibangun agar masyarakat merasa nyaman nantinya.

"Kami bangun infrastruktur seperti pembangunan trek jembatan kayu sepanjang 50 meter yang menuju lokasi manggrove, kami juga membangun infrastruktur penahan gelombang dan sampah. Tapi yang pentingnya juga kami memberikan pelatihan kepada warga pesisir untuk mendukung rencana ini," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana sangat mendukung adanya RPPM ini. Nanti diharapkan taraf hidup masyarakat sekitar pesisir bisa meningkat dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Pemerintah daerah, kata Cellica, akan mendukung sepenuhnya agar rencana Pertamina PHE ini bisa segera dapat diwujudkan.

"PRPM Pasir Putih yang akan dibuat oleh Pertamina PHE ini sangat positif dan harus kita dukung. Tentunya masyarakat sekitar juga harus memanfaatkan peluang ini dengan baik," kata Cellica.



(awd)