Talkshow Pembiayaan Sindo Media-OJK di Bandung Dihadiri Ratusan UMKM

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 15:46 WIB
Talkshow Pembiayaan Sindo Media-OJK di Bandung Dihadiri Ratusan UMKM
Direktur Konten Regional dan Sirkulasi Sindo Media Pung Purwanto memberikan sambutan di hadapan ratusan pelaku UMKM Jawa Barat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Jumat (25/10/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Sindo Media bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar talkshow bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jawa Barat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Jumat (25/10/2019).

Talkshow diikuti sekitar 100 pelaku usaha dari berbagai sektor di Jawa Barat. Acara tersebut mengambil tema “Mendorong Pembiayaan UMKM Melalui Fintech”, menghadirkan tiga pembicara.

Antara lain, Deputi Direktur Pengaturan Penelitian dan pengembangan Fintech Otoritas Jasa Keuangan Munawar CEO Batumbu Sonny Christian Joseph dan Kepala Seksi Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat Dikdik Wardiana.

Hadir memberikan sambutan Direktur Konten Regional dan Sirkulasi Sindo Media Pung Purwanto. Sebelum talkshow, berkesempatan memberikan keynote speaker Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank II OJK Moch Ihsanuddin.

Pung Purwanto mengatakan, acara ini merupakan kesempatan luar biasa untuk mengetahui dan mengerti financial teknologi (fintech).

Tujuannya untuk dorong UMKM agar maju pesat dan lebih produktif. Karena fintech hadir untuk mempercepat proses akses pembiayaan bagi pelaku UMKM.

"Mendorong kemajuan UMKM setidaknya perlu tiga hal, yaitu akses pembiayaan, pengembangan pasar, dan peningkatan SDM," kata Pung.

Menurut dia, UMKM yang jumlahnya cukup banyak, perlu dorongan untuk akses pasar dan kolaborasi, agar lebih kompetitif. Apalagi, saat ini banyak pemain global yang manfaatkan pasar Indonesia. Acara ini diharapkan mendorong UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Acara ini digelar sebagai langkah kita bersama, bergerak lebih produktif berdasarkan platform masing masing. Kami dari media masa khususnya Sindo Media dan UMKM ternyata bisa kolaborasi untuk tingkatkan data saing. Ini adalah bagian dari kemandirian bangsa," ujar dia.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank II Otoritas Jasa Keuangan Moch Ihsanuddin mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk mendorong agar UMKM bisa memaksimalkan potensi yang ada. Termasuk akses terhadap perbankan.

"Kami mencoba memfasilitasi upaya pemberdayaan masyarakat, termasuk bagi pelaku usaha. Tapi memang perlu kolaborasi antar pihak. Antara kami OJK, media, dan pelaku usaha untuk bersama sama membangun ekonomi Indonesia," kata Ihsanuddin.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4898 seconds (0.1#10.140)