Arisan Gotong Royong Setiap Jumat Jadikan Purwakarta Bersih

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 14:39 WIB
Arisan Gotong Royong Setiap Jumat Jadikan Purwakarta Bersih
Suasana gotong-royong yang dilaksanakan secara bergiliran hingga pelosok desa. Program ini menjadi andalan Kabupaten Purwakarta dalam upaya mempercantik lingkungan. Foto/Diskominfo Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Arisan gotong royong menjadi salah satu andalan Kabupaten Purwakarta dalam upaya mempercantik lingkungan yang menyeluruh hingga ke pelosok perdesaan. Penanganan sampah pun menjadi fokus dari kegiatan ini.

Kegiatan besih-bersih lingkungan dilaksanakan secara bergilir dari satu wilayah ke wilayah lain di lingkup desa hingga kecamatan. Program ini, dilaksanakan pada hari Jumat, melibatkan masyarakat setempat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, lebih dari satu dasawarsa Purwakarta terkenal akan kebersihan dan keasrian.

Akan tetapi, kondisi seperti itu diibaratkan raja tanpa mahkota di bidang kebersihan. "Purwakarta, dari dulu termasyur akan kebersihannya. Nah, ini harus terus dipertahankan," kata Anne, Jumat (25/10/2019).

Menurut Anne, semua itu tak lain merupakan buah dari kebijakan pemerintah kabupaten. Selama ini, Pemkab Purwakarta memiliki program mengintruksikan seluruh pegawai pemerintahan untuk gotong royong membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Jadi, dalam kebijakan ini menginstruksikan seluruh pegawai, baik di lingkungan OPD maupun instansi, kecamatan hingga kelurahan dan desa, supaya turun ke lapangan, bebersih lingkungan setiap hari Jumat," ujar dia.

Dalam kegiatan ini, tutur Anne, wilayah–wilayah yang harus dibersihkan sudah terjadwal. Sehingga, nanti seluruh pegawai wajib datang ke lokasi yang telah ditentukan, seperti arisan.

"Misalnya Jumat pekan ini di wilayah kecamatan kota, nah seluruh pegawai harus datang ke sana. Nanti pekan depannya, di wilayah mana lagi. Terus berkeliling seperti itu," kata Anne.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0784 seconds (0.1#10.140)