alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

250 Kios di Pasar Jatisari Terbakar, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah

Nila Kusuma
250 Kios di Pasar Jatisari Terbakar, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah
250 kios dan 10 rumah di Pasar Jatisari, Desa Mekarsari, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang hangus terbakar, Kamis (24/10/2019). Foto/SINDOnews/Nilakusuma

KARAWANG - Sebanyak 250 kios di Pasar Jatisari, Desa Mekarsari, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang hangus terbakar, Kamis (24/10/2019). Kebakaran juga menghanguskan 10 unit rumah yang berada di dekat pasar.

Sumber api diduga muncul dari salah satu kios di tengah pasar dan kemudian membakar seluruh kios di pasar tersebut. Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Jatisari, Mulya mengungkapkan, kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Berdasarkan keterangan saksi, kata dia, api berasal dari salah satu kios plastik yang berada di tengah pasar. Api pun kemudian membesar dan merambat menghanguskan seluruh kios.



"Apinya cepat membesar, dalam waktu singkat api sudah membakar seluruh kios yang ada di pasar. Bahkan, ada 10 rumah yang berdekatan dengan kios ikut hangus terbakar," katanya.

Upaya pemadaman dilakukan oleh pedagang dan warga setempat sebelum tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Namun, karena kencangnya tiupan angin, api sulit dipadamkan. Bahkan, empat mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi tak mampu menghentikan kobaran api yang melahap seluruh kios.

"Dari empat mobil pemadam, hanya satu unit yang bisa masuk ke dalam pasar, sementara sisanya hanya memadamkan dari luar saja,"ujarnya.

Salah seorang petugas pemadam kebakaran, A Hermawan mengatakan, api cepat membesar karena angin kencang serta banyaknya bahan-bahan yang mudah terbakar.

"Kita kesulitan memadamkan api karena anginnya kencang hingga api cepat merambat ke setiap kios. Kebanyakan isi di dalam kios juga bahan yang mudah terbakar seperti pakaian atau plastik," sebutnya.

Dalam peristiwa tersebut, sebagian pemilik kios berupaya menyelamatkan barang-barang dagangannya. Namun, akibat besarnya kobaran api, mereka akhirnya pasrah melihat kiosnya hangus dilalap si jago merah.



(abs)