alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ketua PBHMI Optimistis Sektor Pariwisata Bakal Maju di Tangan Wishnutama

Agung Bakti Sarasa
Ketua PBHMI Optimistis Sektor Pariwisata Bakal Maju di Tangan Wishnutama
Ketua PB HMI Ichsan (kanan) saat berfoto bersama Wishnutama (tengah). Ichsan yakin, sektor pariwisata bakal maju di tangan Wishnutama. Foto/Dok.PBHMI

BANDUNG - Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Ichsan menyampaikan ucapan selamat kepada Wishnutama yang terpilih sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Ichsan yang juga mahasiswa Universitas Sahid jurusan pariwisata itu yakin, di tangan Wishnutama, sektor pariwisata di Indonesia akan tumbuh maju, termasuk bidang Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

"Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Bang Tama (Wishnutama) yang telah menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ke depan, sektor MICE Pariwisata Indonesia dapat berkembang lebih maju lagi di tangan Bang Tama," ungkap Ichsan dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (23/10/2019).



Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan PB HMI itu melanjutkan, sejauh ini, Indonesia baru memiliki dua kota yang representatif untuk MICE, yakni Jakarta dan Bali. Menurut dia, industri MICE di Indonesia masih punya bergaining position yang kuat di luar negeri.

"15 Kota seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Batam, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Manado, Lombok, Solok, Bintan, Palembang, dan Balikpapan siap jual untuk pasar utama aktivitas MICE yang sudah di canangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif harus segera di realisasikan," paparnya.

Lebih jauh Ichsan mengatakan, dibutuhkan kerja sama yang apik agar industri MICE di Indonesia berkembang pesat. Terlebih, industri MICE mampu mendongkrak devisa karena kebanyakan pelancong bisnis rata-rata tiga kali lebih besar dari wisatawan biasa (leisure).

"Selain itu, industri MICE juga dapat memberikan sumbangan naiknya citra destinasi wisata karena kebanyakan wisatawan MICE adalah pengambil keputusan, seperti CEO perusahaan," katanya.



(abs)