alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Meluas, Areal Terbakar Capai 100 Hektare

Toiskandar
Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Meluas, Areal Terbakar Capai 100 Hektare
Kebakaran di Kawasan Hutan Gunung Ciremai terus meluas hingga Rabu sore (23/10/2019) luas areal yang terbakar mencapai 100 hektare yang meliputi wilayah Majalengka dan Kuningan. Foto iNews TV/Toiskandar

KUNINGAN - Kebakaran di Kawasan Hutan Gunung Ciremai terus meluas hingga Rabu sore (23/10/2019). Kebakaran yang bermula dari Kawasan Blok Situmpuk, Desa Sindangwangi, Majalengka pada Senin lalu terus menyebar hingga masuk ke wilayah perbatasan Kuningan tepatnya di Kawasan Hutan Batukarang, Padabeunghar.

Humas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai Agus Yudantara mengatakan, petugas gabungan dari Polisi Hutan, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, BPBD Kuningan dan Majalengka terus berupaya memadamkan api di beberapa titik yang masih menyala.

“Proses pemadaman dilakukan secara manual dan mengalami kendala yang cukup sulit untuk masuk ke kawasan hutan yang terbakar dengan medan lembah hutan dan penuh bebatuan terlebih lagi penyebaran kebakaran ini mencapai ketinggian 1.800 hingga 2.000 meter diatas permukaan laut,” kata Agus Yudantara.



Dari data yang diperoleh dari pihak BPBD Kuningan, kata dia, luas hutan yang terbakar hingga Rabu sore mencapai kurang lebih 100 hektare.

“Medan yang terjal dan angin kencang membuat petugas gabungan pemadaman juga kesulitan untuk memadamkan api  sehingga api sangat cepat meluas. Bahkan upaya penyekatan yang dilakukan pun beberapa kali gagal lantaran api yang terbawa angin membuat titik api kembali bermunculan,” paparnya.

Hingga Rabu sore, kata dia, petugas gabungan bahkan terus menambah personil petugas pemadaman untuk dikerahkan ke enam titik api yang masih terbakar.
 



(sms)