PBNU: Kiai Kecewa dan Protes Jokowi Tunjuk Fachrul Razi Jadi Menag

Rabu, 23 Oktober 2019 - 17:53 WIB
PBNU: Kiai Kecewa dan Protes Jokowi Tunjuk Fachrul Razi Jadi Menag
Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi resmi diumumkan sebagai Menag. Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A A A
JAKARTA - Penunjukan Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag) memicu kontroversi. Bahkan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendapatkan banyak protes dan ungkapan kekecewaan dari para kiai di daerah.

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," ujar Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU KH Robikin Emhas di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Robikin mengemukakan, para kiai paham Kemenag harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama. Namun, para kiai tak habis mengerti terhadap pilihan Jokowi. (BACA JUGA: Menteri Agama Kini Dijabat Fachrul Razi, Eks Wakil Panglima TNI)

"Para kiai sudah lama merisaukan fenomena pendangkalan pemahaman agama yang ditandai merebaknya sikap intoleran. Lebih tragis lagi, bahkan sikap ekstrem dengan mengatasnamakan agama. Semua di luar kelompoknya kafir dan halal darahnya. Teror adalah di antara ujung pemahaman keagamaan keliru seperti ini," ujar dia.

Karena kondisi dan daya destruksi yang diakibatkan, kata Robikin, secara kelembagaan sejak jauh hari, NU tegas mengingatkan bahaya radikalisme itu. "Bahkan NU menyatakan Indonesia sudah kategori darurat radikalisme, disamping darurat narkoba dan LGBT," tutur Robikin.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4696 seconds (0.1#10.140)