alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Karawang Bonceng Motor Tinjau Lokasi Karhutla di Gunung Cengkek

Nilakusuma
Bupati Karawang Bonceng Motor Tinjau Lokasi Karhutla di Gunung Cengkek
Bupati Karawang Cellica Nurachadiana memboceng motor menuju lokasi Karhutla di Gunung Sirnalanggeng, Kecamatan tegalwaru. Foto/Humas Kominfo Karawang

KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurachadiana terpaksa membonceng sepeda motor saat meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Cengkek dan Gunung Sirnalanggeng, Kecamatan Tegalwaru.

Dua gunung tersebut dilanda karhutla sejak Senin 21 Oktober lalu hingga Rabu (23/10/2019) masih membara. Petugas pemadam kebakaran dibantu masyarakat setempat berupaya memadamkan api yang terus menjalar mendekati permukiman penduduk.

"Iya (naik motor meninjau karhutla). Jadi kemarin, saya sengaja mendatangi lokasi kebakaran itu hingga dini hari. Lokasinya di hutan jadi memang sulit untuk dilalui mobil, terpaksa membonceng motor menuju lokasi," kata Cellica, Rabu (23/10/2019).



"Saya ingin melihat langsung situasinya seperti apa dan bagaimana bisa terbakar. Mungkin karena musim kemarau jadi hutan mudah terbakar. Tapi kami mencari cara agar api tidak menjalar lebih jauh," ujar Bupati.

Menurut Cellica, setelah melihat langsung lokasi kebakaran tersebut, dia menilai penanganan musibah kebakaran ini tidak bisa hanya ditangani oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang.

Oleh karena itu, tutur dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk bersama-sama menangani dan mengantisipasi karhutla meluas.

"Sampai hari ini sudah tiga hari belum bisa kami atasi dan api terus menjalar. Kalau tidak ada bantuan dari pusat, kami kesulitan memadamkan api," tutur Cellica.

Menurut Bupati, hingga saat ini sudah sekitar 50 hektare hutan dan lahan di dua gunung itu yang terbakar. Dia khawatir jika tidak bisa dipadamkan, api akan terus menjalar lebih luas.

"Sementara ini kami melakukan penyekatan wilayah yang menuju permukiman agar api tidak ke sana. Pemadaman masih terus dilakukan petugas dan masyarakat sekitar," ungkap Bupati.



(awd)