PLN Selesaikan Penggalian Saluran Air PLTA Jatigede 2,2 Km

Rabu, 23 Oktober 2019 - 12:30 WIB
PLN Selesaikan Penggalian Saluran Air PLTA Jatigede 2,2 Km
Proses penggalian akhir pembangunan headrace tunnel PLTA Jatigede di Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Foto/Dokmentasi Humas PLN
A A A
BANDUNG - PT PLN (Persero) UIP JBT I dan UPP Kit JBT 2 sebagai Unit Pelaksana Proyek PLTA Jatigede berhasil menyelesaikan pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2x55 MW sepanjang 2.218,73 meter pada Selasa (21/10/2019).

Dengan tembusnya penggalian saluran ini, secara keseluruhan proyek pembangunan PLTA Jatigede 2x55 MW di Kabupaten Sumedang, telah mencapai progres sebesar 70%. Proses kontruksi dan pengerjaan terowongan ini memakan waktu 2,5 tahun.

Executive Vice President Kontruksi PT PLN (Persero) Regional Jawa Bagian Tengah Dadi Murihno mengatakan, pekerjaan penggalian Headrace Tunnel ini dilakukan melalui dua arah, yaitu melalui Adit Tunnel Nomor 2 dan Adit Tunnel Nomor 3.

Tembusnya terowongan headrace tunnel menjadi salah satu bukti keseriusan PLN dalam menyediakan tenaga listrik khususnya di Jawa Barat. Sinergi dinamis antara kontraktor, konsultan dan PLN sebagai pemilik proyek menjadi elemen penting dalam penyelesaian tiap tahap pekerjaan.

"Tembusnya terowongan ini menjadi tonggak keberhasilan sebuah pembangunan PLTA Jatigede yang merupakan produk pertama PLN UIP JBT I. Semoga pencapaian ini dapat mendorong semangat PLN UIP JBT I untuk menyelesaikan proyek-proyek lainnya," ujar dia dalam siaran persnya, Rabu (23/10/2019).

Diketahui, headrace tunnel PLTA Jatigede berfungsi sebagai terowongan yang menghubungkan reservoir penampung air dengan penstock yang juga terhubung dengan power station.

Cara kerjanya yaitu ketika water intake gate dibuka, maka debit air dari bendungan jatigede akan masuk ke dalam headrace tunnel dan mengalir menuju penstock sebelum akhirnya memutar turbin di power station. Ketika power station bekerja maka disitulah energi listrik dihasilkan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3796 seconds (0.1#10.140)