Pascakebakaran, Warga Diimbau Tak Mendakati Pipa Pertamina

Selasa, 22 Oktober 2019 - 22:18 WIB
Pascakebakaran, Warga Diimbau Tak Mendakati Pipa Pertamina
Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
CIMAHI - Warga Kampung Mancong RT 04/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi, Kota Cimahi diimbau untuk mendekati pipa bahan bakar minyak (BBM) Pertamina yang terbakar.

Pasalnya, dikhawatirkan insiden kebakaran dan ledakan kembali terjadi. Saat ini, pipa penyalur BBM jenis Pertamina Dex milik Pertamina yang terbakar itu dipasangi pita kuning garis polisi

"Kami imbau warga tidak mendekati lokasi dan tidak melakukan perbuatan yang menimbulkan api," kata Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Permana kepada wartawan di lokasi kejadian.

Dia mengemukakan, saat ini api memang telah padam, pihak Pertamina pun telah menutup aliran minyak tersebut dari Ujungberung. Namun tak menutup kemungkinan masih ada sisa minyak yang masih mengalir. "Nah ini yang kami antisipasi," ujar dia.

Kapolres menuturkan, kepolisian mendapatkan laporan kebakaran pipa Pertamina itu dari warga sekitar pukul 13.30 WIB. Selanjutnya petugas meneruskan laporan itu ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi.

"Sedikit 25 unit kendaraan pancar dikerahkan untuk memadamkan api. Akhirnya api berhasil dipadamkan dengan menggunakan cairan AFFF Foam sekitar pukul 17.25 WIB. Situasi benar-benar aman sekitar pukul 18.05 WJB," tutur Kapolres.

Satu orang meninggal dalam kebakaran yersebut yakni seorang operator kendaran berat saat melakukan pengeboran, korban sendiri langsung dievakuasi ke RS Sartika Asih.

"Korban jiwa saat ini satu, pasca ini yang kita lakukan adalah selain mengamankan lokasi kita upayakan juga evakuasi manakala ada kemungkinan korban lainnya," katanya.

Diketahui, kebakaran pipa penyalur BBM Pertamina itu pecah dan terbakar diduga akibat terkena benturan alat berat yang digunakan dalam proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Benturan tersebut

"Pengerjaan kontruksi (Kereta Cepat Jakarta-Bandung). Operator crane melakukan pengeboran pendalaman menggunakan alat berat, tak sengaja mengenai pipa Pertamina. Saat terjadi benturan langsung meledak," kata Komandan Regu Pemadaman Kebakaran Cimahi Indrahadi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5288 seconds (0.1#10.140)