Li Xuanfeng WNA China Korban Tewas Akibat Kebakaran Pipa Pertamina

Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:26 WIB
Li Xuanfeng WNA China Korban Tewas Akibat Kebakaran Pipa Pertamina
Petugas mengevakuasi jenazah Li Xuanfeng, WNA China korban terbakarnya pipa Pertamina di Jalan Mancong RT 02/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (22/10/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Kebakaran hebat pada jalur pipa Pertamina yang terkena proyek tiang pancang proyek KA Cepat Jakarta Bandung menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Korban jiwa teridentifikasi sebagai warga negara asing (WNA) asal China bernama Li Xuanfeng. Korban Le merupakan karyawan China Railway Group Limited (CREC) yang merupakan pekerja di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Jatuhnya korban jiwa akibat insiden tersebut dibenarkan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang meninjau langsung lokasi kebakaran di Kampung Mancong RT 02/01 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, tersebut.

"Hasil penanganan sementara, ada satu korban yang diduga meninggal akibat peristiwa kebakaran pada area proyek tersebut," kata Rudy, Selasa (22/10/2019).

Namun Kapolda belum bisa merinci lebih detail soal korban, yang pasti dia diduga satu operator alat berat. Kebakaran besar di proyek PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu terjadi pada Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB dengan titik kebakaran tepat berada pada trase kereta cepat. "Lebih jauhnya nanti kami teliti dan identifikasi lagi lebih detail setelah kondisi api padam," ujar Kapolda.

Disinggung mengenai penyebab pasti kebakaran, Polda Jabar belum bisa menyimpulkan apa yang menjadi penyebab pasti kebakaran besar yang juga sempat terdengar ledakan tersebut. (BACA JUGA: Pipa BBM Pecah dan Terbakar Diduga Terkena Proyek Kereta Cepat )

Dugaan awal, saat itu para pekerja sedang menancapkan benda keras (tiang pancang) pada trase KCIC yang sudah ditetapkan. Namum tanpa sengaja menancap ke jalur pipa minyak. "Diduga ada petugas yang menancapkan benda keras (pilar atau tiang pancang) lalu terkena pipa dan meledak," tutur Rudy.

Sementara itu di lokasi petugas Damkar Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung terus melakukan pemadaman api. Tim ahli dari PT Pertamina juga diterjunkan untuk membantu penanganan kebakaran ini.

Menjelang petang kondisi api mulai bisa dikendalikan dan berangsur padam serta tidak sebesar ketika awal terjadinya kebakaran.

Seperti diketahui pipa Pertamina yang berada di Jalan Mancong RT 02/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, pecah dan terbakar, Selasa (22/10/2019) siang.

Diduga kuat pecah dan terbakarnya pipa ini karena terkena pekerjaan proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) yang sedang dalam proses pemasangan tiang pancang di kawasan antara Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung tersebut. (BACA JUGA: Pipa BBM Terbakar Diduga Dampak Proyek KA Cepat , Ini Jawaban KCIC )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4936 seconds (0.1#10.140)