alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Puting Beliung Terjang Beberapa Desa di Majalengka, Rumah dan Fasum Rusak

Inin Nastain
Puting Beliung Terjang Beberapa Desa di Majalengka, Rumah dan Fasum Rusak
Petugas bersama civitas SDN 2 Tejamulya membersihkan pecahan genting akibat terjangan angin puting beliung. Foto/BPBD Majalengka

MAJALENGKA - Selain melanda Kabupaten Bandung Barat dan Bandung, bencana angin puting beliung juga terjadi di Kabupaten Majalengka. Akibatnya, belasan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum (fasum) mengalami kerusakan.

Manajer Pusdaop Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Kabupaten Majalengka Indrayanto mengatakan, bencana puting beliung terjadi di Blok Cibuluh, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura. Terpaan angin kencang tersebut terjadi pada Minggu 20 Oktober 2019 malam menjelang dini hari.

"Pukul 22.00 WIB angin bertiup cukup kencang. Lalu pukul 23.00 WIB terjadi angin puting beliung. Informasi masuk tanggal 21 Oktober pukul 08.12 WIB," kata Indrayanto kepada SINDONews, Senin (21/10/2019).



Akibat bencana itu, ujar dia, sebanyak 11 rumah warga mengalami rusak ringan. Kerusakan dengan level sama juga dialami Kantor Balai Dusun dan SDN Tejamulya 2 rusak ringan.

"Nilai kerusakan dan kerugian masih dalam penghitungan. Pendataan terhambat karena wilayah terdampak cukup luas. Penanganan bencana dilakulan oleh petugas BPBD Kabupaten Majalengka, TNI, Polri, dan masyarakat," ujar dia.

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Kabupaten Majalengka, tutur Indrayanto, bencana angin puting beliung juga terjadi di Desa Argapura, Argalingga, Argamukti, Cikaracak (Kecamatan Argapura), Payung (Kecamatan Rajagaluh), dan Desa Sindang (Kecamatan Sindang). "Data masuk baru di Desa Tejamulya. Di tempat lainnya masih proses pendataan," tutur Indrayanto.

Sementara itu, saat kejadian Minggu 20 Oktober 2019, berdasar prakiraan BMKG Stasiun Kertajati kecepatan angin di Kecamatan Argapura di angka 10 kilometer er jam. Prakiraan kecepatan angin di daerah itu mengalami kenaikan pada hari ini, menjadi 30 kilometer per jam.



(awd)