Operasi Zebra Lodaya Dimulai Lusa, Ini Tujuannya

Senin, 21 Oktober 2019 - 11:03 WIB
Operasi Zebra Lodaya Dimulai Lusa, Ini Tujuannya
Petugas kepolisian merazia sejumlah kendaraan di sekitaran Sadang Purwakarta, Jabar beberapa waktu lalu. Lusa, pihak kepolisian pun akan kembali melaksanakan Operasi Zebra dalam upaya menekan pelanggaran lalu lintas. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Para pengendara roda dua dan empat harus siap-siap menghadapi razia kendaraan. Operasi Zebra Lodaya 2019 akan digelar selama 14 hari sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019. Petugas akan menyisir sepeda motor dan mobil yang melintas di sejumlah jalan protokol di Purwakarta.

Menurut Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama, terdapat sembilan sasaran selama operasi, antara lain pengendara sepeda motor tak memakai helm, pengemudi roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman, kecepatan melebihi batas maksimal, melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol atau narkoba. Selain penggunaan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, penggunaan lampu rotator, dan knalpot bising.

"Tujuan dari Operasi Zebra ini untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Lebih jauhnya lagi sebagai upaua untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas," ungkap Ricky, Senin (21/10/2019).

Selain itu, lanjut dia, operasi ini merupakan cipta kondisi pascapelantikan presiden dan wakil presiden dan menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Sebagai langkah awal atau sebelum operasi dimulai pihaknya telah memeriksa kesiapan dan kelengkapan personel yang nantinya bertugas di lapangan.

Dia menegaskan, secara umum menjelang operasi ini, semua anggota dan kelengkapan lain sudah siap. Tinggal menunggu persiapan akhir. Dia berharap agar masyarakat lebih mematuhi peraturan lalu lintas dan disiplin saat berkendara.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.5024 seconds (0.1#10.140)