alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

MPR Simulasikan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Peragakan Sejumlah Adegan

Rico Afrido Simanjuntak
MPR Simulasikan Pelantikan Jokowi-Maruf, Peragakan Sejumlah Adegan
Simulasi pelantikan Presden dan Wakil Presiden 2019-2024 di Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta. Foto/SINDOnews/Rico Afrido Simanjuntak

JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar simulasi pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Ruang Rapat Paripurna I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019) siang.

Sepuluh pimpinan MPR, presiden serta wakil presiden terpilih diperankan oleh peraga. Para tamu undangan juga diperankan oleh peraga.

Simulasi dilakukan sesuai rangkaian acara (rundown) pelantikan. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu mengheningkan cipta, pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden, serta penandatanganan berita acara pelantikan.



Kemudian pimpinan MPR melanjutkan memimpin sidang paripurna MPR. Di samping itu, tampak sejumlah petugas Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) berjaga di berbagai sudut ruang rapat paripurna.

"Prinsip pelantikan presiden dan wakil presiden adalah menjalankan amanat konstitusi. Jadi, MPR berwenang melantik presiden dan Wapres," ujar Sekretaris Jenderal MPR, Ma'ruf Cahyono di lokasi.



(awd)