alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

FBI KBB: Jadikan Momentum Peringatan Harkodia untuk Perangi Korupsi

Adi Haryanto
FBI KBB: Jadikan Momentum Peringatan Harkodia untuk Perangi Korupsi
Ketua DPC FBI KBB Imam Budi Setiawan. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menjadikan momentum peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia (Harkodia) untuk mencegah dan memerangi korupsi.

"Menyongsong peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia, kami ingin mengingatkan kembali kepada khalayak umum khususnya para pemangku jabatan agar menjauhi dan mencegah tindakan korupsi," kata Ketua DPC FBI KBB Imam Budi Setiawan didampingi Wakil Ketua Dadang Gobel di Padalarang, Kamis (17/10/2019).

Menurut dia, korupsi yang terjadi hampir di semua bidang harus dikikis habis hingga ke akar-akarnya. Sehingga, generasi bangsa mendatang adalah individu-individu jujur, tanpa pamrih, dan berkomitmen menjauhi korupsi.



Sebagai organisasi kemasyarakatan, ujar dia, FBI KBB akan melakukan berbagai cara untuk mencegah korupsi terutama pada sektor pelayanan pemerintah.

"Slogan antikorupsi diharapkan tidak sekadar retorika dan wacana. Hal itu harus secara teknis diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," ujar dia.

Disinggung mengenai Harkodia, Imam menuturkan, merupakan seremoni yang dilaksanakan di seluruh dunia dan setiap tahun diperingati pada 9 Desember.

Tanggal itu ditetapkan karena ada Konvensi Antikorupsi atau United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) di Meksiko pada 9 Desember 2003.

"Dalam rangkaian peringatan itu, kami juga akan menggelar aksi sosial dengan tema 'Bersama Bergerak Mencegah Korupsi'. Kami membagikan 2.000 paket sembako kepada anak yatim dan kaum duafa," tutur Imam.

Para penerima sembako itu, ungkap dia, berasal dari beberapa kecamatan di KBB. Di antaranya, Kecamatan Padalarang, Ngamprah, Cikalongwetan, dan Cihampelas.

"Semoga saja agenda sosial tersebut dapat meringankan beban anak yatim dan kaum duafa. Aksi sosial itu akan dipusatkan di Kantor FBI KBB di Padalarang dan juga dihadiri Dewan Pembina FBI Irjen Pol (Purn) Edi Kusuma Wijaya," ungkap Imam.



(awd)