alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Bandung Yakin Teras Braga Jadi Daya Tarik Wisatawan

Arif Budianto
Pemkot Bandung Yakin Teras Braga Jadi Daya Tarik Wisatawan
Gang Cikapundung, Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Di kawasan ini akan dibangun Teras Braga untuk pengembangan wisata kuliner dan heritage. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Pemkot Bandung meyakini Teras Braga di Gang Cikapundung, Jalan Braga, bakal menjadi daya tarik baru pariwisata Kota Bandung. Teras Braga nantinya mengolaborasikan wisata kuliner dan heritage.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, dibangunnya Teras Braga diharapkan bisa membantu kawasan Braga menjadi salah satu destinasi wisata Bandung yang semakin banyak dikunjungi wisatawan.

"Insyaallah ini bisa mendongkrak wisata Bandung. Apalagi Braga punya potensi wisata heritage. Sekarang ini kan banyak wisatawan yang mencari wisatawan heritage seperti kota tua," jelas Yana seusai meninjau rencana pembangunan Teras Braga, Kamis (17/10/2019).



Konsep yang dikembangkan di kawasan ini adalah wisata kuliner. Nantinya, makanan tradisional Bandung bakal dijual di kawasan ini. Mereka adalah warga setempat dan pelaku usaha kecil lainnya.

"Mudah mudahan ini menjadi awal, untuk menata kawasan ini jadi lebih naik. Braga ini kan seperti kota tua, dan itu sekarang banyak diminati mayarakat," jelas dia.

Yana menyebutkan, sektor pariwisata berpotensi sekitar 33% terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung. Bandung hingga kini masih diburu wisatawan domestik dan mancanegara atas keindahan alamnya, wisata kuliner, fesyen, dan lainnya.

Diketahui, pembangunan Teras Braga menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dengan dana sekitar Rp800 juta. Kawasan tersebut juga menjadi co working space pertama yang dijalankan Pemkot Bandung.

"Saat ini, rencana pembangunannya masih dalam proses penyelesaian izin. Targetnya bulan November sudah mulai dikerjakan," kata Direktur Keuangan Wika Bangunan Gedung Syailendra Ogan. (Baca juga: Teras Braga Segera Dibangun di Gang Cikapundung).



(zik)